Potret Akademik


LAPORAN KELOMPOK
KULIAH KERJA NYATA
ANGKATAN II

PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P3M)
INSTITUTE AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
CIREBON

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang telah mencurahkan nikmat Iman dan Islam sehingga dengan nikmat-Nya tersebut kami semua dapat menyelesaikan laporan KKN ini dengan baik. Sholawat serta salam tak kita curah dan dilimpahkan kepada jungjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW sehingga kami dapat menyelesaikan laporan akhir kelompok Kuliah Kerja Nyata (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon tahun akademik 2010-2011.
Laporan ini merupakan sebagai bukti konkrit dari realisasi program kegiatan KKN dengan menggunakan metode PAR (Participation Action Research) yang telah dilaksanakan dari tanggal 27 Juni 2011 sampai 05 Agustus 2011 bertempat di Desa  Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan.
Selama pelaksanaan kegiatan KKN tersebut kami telah banyak mendapat arahan, bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, oleh karena itu sudah menjadi kewajiban moral bagi kami (penyusun) untuk mengucapkan terima kasih, terutama kepada yang terhormat:

1.      Bapak Bupati Kabupaten Kuningan
2.      Bapak Prof. Dr. H. Maksum Muchtar, MA.
3.      Bapak Drs. Samsudin, M.Ag.. Selaku Kepala P3M/pengarah
4.      Ahmad Yani el-Muchtary, M. Ag. Selaku Ka. Unit Pengabdian Kepada Masyarakat.
5.      Bapak Lukman Zein MS., M.Ag. Selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan.
6.      Bapak Dedi Mulyadi Ruslan selaku Kepala Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan.
7.      Bapak-bapak ketua dusun I, II, III, Para alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Para remaja, serta lapisan Masyarakat Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan.
8.      Rekan-rekan Mahasiswa KKN Kelompok 61 di Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan.

Dalam penyusunan laporan akhir ini kami menyadari sepenuhnya masih jauh dari kesempurnaan dan kekurangan serta kesalahan yang tidak disengaja. Oleh Karena itu  kami selaku penyusun laporan mengharapkan sumbangansih dari Bapak dan Ibu dosen Pembimbing kami untuk memberikan saran maupun kritik yang sifatnya membangun, tujuannya agar dapat dijadikan suri tauladan, pelajaran dan pengalaman bagi kami semua dan khalayak ramai.
Atas, segala kekurangan dan kekhilafan yang ada dalam penyusunan laporan akhir ini, kami maaf yang sebesar-besarnya. Karena kami menyadari bahwa sesungguhnya kami masih dalam proses belajar. Semoga laporan akhir KKN ini yang bertempat di Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amien.


Cirebon,  Agustus 2011
Penyusun



Kelompok 61

 

BAB I
PENDAHULUAN
 A.    Latar Belakang Masalah
Dalam kenyataannya masyarakat senantiasa berubah seiring dinamika social, budaya dan politik. Realitas semacam inilah yang harus diperhatikan dan diantisipasi secara cepat dan tepat. Dalam konteks pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, nampaknya perubahan tersebut harus selalu mempertimbangkan potensi dan tradisi masyarakat lokal melalui program pemberdayaan masyarakat yang merupakan salah satu cara dimana pemerintah atau umum bekerjasama dengan masyarakat untuk memberdayakan masyarakat.
Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, merupakan instansi Negara yang mendapat tugas dan amanat untuk berusaha membangun dan memberdayakan masyarakat sesuai dengan porsinya. Sejalan dengan tugas dan amanat tersebut, program KKN IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah salah satu kegiatan penelitian untuk pemberdayaan masyarakat. Salah satu cara yang digunakan diantaranya adalah dengan menggunakan metodologi pendekatan Partisipatory Action Research (PAR).
Dari kerangka di atas, maka mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun akademik 2010-2011 menggunakan metodologi PAR dalam kegiatan KKN dengan tema “Bersama masyarakat kita wujudkan Islam Rahmatan Lilalamin”.
KKN dengan mengunakan metode PAR ini bertujuan agar pelaksanaan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) bukan hanya pengabdian total kepada masyarakat berupa fisik, akan tetapi juga bertujuan untuk membuka cakRajawetanla berfikir masyarakat untuk memberikan perubahan dalam hal menyelesaikan permasalahan yang ada di Desa Rajawetan yaitu dengan mempelajari gagasan yang datang dari masyarakat, yang masih terpenggal dan belum sistematis, menyeluruh dan menyatu dengan masyarakat untuk dikaji dan dijelaskan kembali gagasan tadi sehingga mereka benar-benar faham bahwa gagasan itu berasal dari mereka yang kemudian akan dikembangkan menjadi aksi yang diuji kebenarnya dengan dimulai dari evaluasi bersama oleh masyarakat tersebut sehingga  gagasan tersebut menjadi lebih bernilai dan dapat terwujud dimasa yang akan datang.

B.     Target Yang Diharapkan

Target yang diharapkan dari KKN IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan menggunakan metode PAR, dintaranya yaitu:
1.   Masyarakat menyadari mengenai pesoalan-persoalan yang ada di daerahnya sendiri sesuai dengan potensi sumber daya alam dan mereka mampu mencari jalan keluarnya sesuai hasil research dan pengabdiannya, sehingga masyarakat dapat merespon perubahan secara cepat dan tepat.
2.   Masyarakat mampu mengembangkan generasi-generasi muda untuk peduli terhadap lingkungannya. Bukan saja pitar secara intelektual tetapi yang lebih penting adalah mengamalkannya dalam kehidupan sosial dan masyarakat.
3.   Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dapat menjadi fasilitator perubahan bersama desa Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan, sehingga temuan-temuannya menjadi bermanfaat sebagai kebutuhan masyarakat, pemerintah dan perguruan tinggi secara partisifatif.

C.    Fasilitator dan Partisipan

Fasilitator KKN II IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun akademik 2010/2011 adalah terdri dari peserta KKN dan dosen-dosen yang telah ditunjuk sebagai DPL (Dosen Pembimbing Lapanagan). Adapun fasilitator KKN di Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan adalah Lukman Zein, M.Ag, sebagai DPL dan peserta KKN Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan Kelompok 61, yaitu:
1.      ANI FAUZIAH P                  /58471343       /PGMI-B
2.      CANDRA INDRI Y. L         /58320170       /EPI-B
3.      FERA FAJRIAH                    /58461256       /BIO-C
4.      IMA MUTASIM                    /5821005I        /KPI
5.      IMAM JAMARUDIN                       /58410372       /PAI-C
6.      KHAYATUN NUFUS          /58110012       /SPI
7.      LUKIS SUGIARTI                /07440533       /IPS-B
8.      MIMIN MINTARSIH                       /58430529       /PBI-G
9.      NOK VERAJAWETANTI    /58430726       /PBI-F
10.  R. ASEP BRATA MUJI        /58410094       /PAI-D
11.  SETIATI RAHAYU              /58451132       /MTK-D
12.  T. ASTRIA RUMADI           /58430697       /PBI-E
13.  TIA SHOFIATUDDIANA    /58440838       /IPS-D
14.   WANTORO/58451050/MTK-B
Partisipan KKN XVIII di Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan adalah masyarakat Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan diantaranya:
1.         Kuwu desa Rajawetan, Bapak. Dedi Mulyadi Ruslan
2.         Sekretaris Desa
3.         Kadus I
4.         Kadus II
5.         Raksa Bumi,
6.         Bapak Sami’un
7.         Bapak Warkum
8.         Masyarakat Desa Rajawetan

D.    Waktu dan Tempat

KKN Angkatan II IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun akademik 2010/2011 berlangsung dari tanggal 27 Juni 2011 sampai dengan 5 Agustus 2011 atau tepatnya 40 hari bertempat di Kabupaten Kuningan, yaitu di  Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan.
Berdasarkan dari kebijakan P3M, kami yang tergabung dalam kelompok 61 ditempatkan di Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan.
  
BAB II
PERSIAPAN PENGKAJIAN WILAYAH

A.    Persiapan Lokasi
Agenda pertama yang harus dipersiapkan sebelum terjun langsung ke masyarakat adalah persiapan lokasi yang sangat penting untuk kelancaran proses pelaksanaan kajian. Dalam kegiatan ini kami dibantu oleh pihak Desa Rajawetan, khususnya dimana Bapak Raup selaku Sekretaris desa Rajawetan mengijinkan rumahnya untuk kami tinggal selama berlangsungnya kegiatan KKN. Kemudian setelah mendapatkan tempat tinggal kami pun langsung menyusun program-program yang akan kami lakukan pada KKN ini, baik itu program tentang teknik-teknik PAR, program apa saja yang akan dilakukan semua anggota kelompok, maupun program untuk pengabdian kepada masyarakat.

B.     Pembentukan Tim Dalam Pelaksanaan KKN Dengan Metode PAR
Pembentukan tim PAR dilakukan sebelum peserta KKN II terjun ke lokasi, kegiatan ini berlangsung 2 hari yang bertempat di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan metodologi PAR kepada mahasiswa KKN yang akan terjun langsung ke lapangan, memperlancar kegiatan KKN di lokasi dimana peserta akan melakukan penelitian.

C.    Hasil Pengkajian Data Sekunder
Dari data yang ada, kami dapat mengetahui tentang keberadaan dan jumlah penduduk desa Rajawetan dengan jumlah penduduk 765 jiwa, dengan rincian laki-laki 387 Orang, perempuan 378 orang dan sebagian besar berprofesi sebagai petani. Dari data tersebut juga dapat diketahui tentang keadaan perekonomian, keagamaan, sosial dan budaya yang ada di desa Rajawetan tersebut.

D.    Hasil Pengkajian Program Dan Kebijakan Lembaga
Pada dasarnya pemerintah desa Rajawetan sangat peduli dalam masalah keagamaan dan peka terhadap respon warga masyarakatnya. Hal ini dibuktikan dengan diperbolehkannya beberpa kegiatan keagamaan. Sebagai contoh kegiatan pengajian di masjid dan pengajian keliling di setiap rumah yang mengadakannya. Akan tetapi kebijakan dan antusias tersebut masih belum maksimal dilaksanakan dikarenakan adanya 3 RT yang masih belum siap untuk melaksanakan program pengajian keliling.

BAB III
PELAKSANAAN PENGKAJIAN WILAYAH

A.    Langkah-langkah di Lapangan
Persiapan pertama di lapangan dalam kegiatan KKN II tahun 2011 adalah persiapan lokasi. Dalam kegiatan ini yang pertama kami kerjakan adalah mempersipan tempat tinggal, kemudian kami diundang oleh pihak desa untuk berta’aruf dengan staf-stafnya. Dalam pertemuan tersebut kami memaparkan tujuan dari kedatangan kami serta kegiatan-kegiatan apa saja yang akan kami lakukan.
Tugas yang pertama kami lakukan harus menyelesaikan tehnik-tehnik PAR. Adapun  tugas-tugas PAR adalah : tersebut diantaranya :
1.      Pemetaan (mapping)
Pemetaan dilakukan untuk mengetahui gambaran wilayah Desa Rajawetan.
2.      Transektoral
Transektoral dilakukan untuk mengetahui keadaan dari tempat-tempat tertentu yang ada di Desa Rajawetan.
3.      Diagram Venn
Diagram Venn dilakukan untuk mengetahui hubungan kelembagaan yang ada didalam masyarakat.
4.      Diagram Alur
Diagram Alur dilakukan untuk mengetahui alur kegiatan kelemagaan yang ada didalam masyarakat.
5.      Alur Sejarah Rajawetan
Alur Sejarah Rajawetan untuk mengetahui kejadian penting yang pernah terjadi.
6.      Daily Rutinitas
Daily Rutinitas dilakukan untuk mengetahui kegiatan rutin masyarakat sehari-hari.
7.      Kalender Musim
Kalender musim dilkukan untuk mengetahui untuk musim-musim apa saja yang ada di Desa Rajawetan.
8.      Trend and Change
Dilakukan untuk mengetahui perubahan dan kecendrungan berbagai keadaan dan kejadian serta kegiatan masyarakat dari waktu ke waktu.

9.      Matriks Ranking (Papan Catur)
Dilakukan untuk mengidentifikasi dan menentukan masalah yang paling penting diselesaikan bagi masyarakat secara demokratis dan sistematis.
10.  Matriks Ranking Penyelesaian Masalah
11.  Pohon Masalah
Dilakukan untuk melihat dan mengidentifikasi “akar” dari masalah yang dihadapi masyarakat serta kegiatan-kegiatan yang mungkin dilakukan untuk mencapai harapan
12.  Pohon Tujuan
13.  Matriks Perencanaan Operasional (MPO)
Dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai hal terkait dengan kegiatan seperti waktu, penaggung jawab, sumber daya, resiko atau asumsi.
14.  Action Plan
Action Plan disusun untuk mengetahui apa yang akan dikerjakan.
B.     Bentuk-bentuk Kegiatan
Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan atau kegiatan yang telah diadakan bersama masyarakat setempat sebagai berikut:
1.      Lokakarya KKN II
a.       Tingkat Desa
b.      Tingkat Kecamatan
2.      Kegiatan Keagamaan
a.       Mengikuti kegiatan pengajian rutin bersama masyarakat setiap hari selasa dan sabtu.
b.      Mengikuti pengajian ibu-ibu setiap hari kamis malam dan jumat malam dan hari sabtu malam untuk LPM khusus bapak-bapak.
c.       Mengikuti kegiatan sholat berjamaah di masjid dan berfartisifasi dalam kegiatan IRMAS
d.      Mengadakan peringatan Isra Mi’raj berikut perkenalan peserta KKN
3.      Kegiatan Mengajar .
a.       Mengajar di SDN Rajawetan.
b.      Mengajar di MD Nurul Huda Rajawetan.
c.       Mengajar Les Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS kepada anak-anak di Desa Rajawetan.
4.      Kegiatan Kemasyarakatan
a.       Silaturahmi kepada tokoh-tokoh masyarakat, tokoh ulama dan para pemuda.
b.      Ikut serta didalam kegiatan ibu-ibu PKK.
c.       Mengikuti kegiatan panen bersama petani sekaligus melakukan observasi.
d.      Mengikuti kegiatan Bakti social pembuatan lahan bidang jalan lintas ekonomi.
e.       Mengikuti bakti social pengangkutan barang bangunan sumber  pengairan.
f.       Pelaksanaan Jumsih di setiap titik umum desa.
5.      Pemuda dan Keremajaan
a.       Mengadakan dialog keremajaan.
b.      Mengadakan peringatan 17 Agustus 1945.
c.       Mengikuti kegiatan Futsal bersama pemuda.
d.      Pembentukan dan pelantikan organisasi Remaja masjid (IRMAS).
e.       Melakukan pendataan remaja dan pemuda di desa Rajawetan.

C.    Kendala Atau Kesulitan yang Dihadapi
Pada kenyataannya kegiatan KKN secara teori dan praktek tidak selamanya sesuai, bahkan mungkin akan jauh berbeda. Untuk itulah dalam menjalankan kegiatan dilapangan, kami (mahasiswa) banyak mengalami kendala atau kesulitan yang dihadapi baik dari interen maupun eksteren. Adapun hal-hal atau faktor yang menjadi kendala atau kesulitan yang dihadapi adalah sebagai berikut:
a.       Kurang adanya kekompakan diantara anggota kelompok didalam melaksanakan kegiatan KKN.
b.      Sulitnya sosialisasi PAR terhadap masyarakat dikarenakan masih terpaku terhadap paradigm lama (Mahasiswa sebagai pemberi dana didalam proses pembangunan Desa).
c.       Sulitnya mengkordinasikan para remaja atau pemuda/pemudi dalam kegiatan karang taruna dan remaja mesjid yang kurang aktif.
d.      Pada pagi hari dari pukul 07.00 s/d14.00 WIB, sulitnya melakukan komunikasi dengan masyarakat dikarenakan kesibukan masyarakat yang mayoritas petani.
e.       Pada malam hari setelah isya keadaan Desa sepi

BAB IV
TEMUAN-TEMUAN

           Dari hasil penelitian dilapangan selama kurang lebih 7 hari (seminggu) di Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan. begitu banyak informasi dan berbagai temuan yang penyusun dapatkan, hal tersebut mengindikasikan keragaman dari masyarakat Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan.

A.       Letak Geografis
Desa  Rajawetan adalah merupakan bagian dari wilayah administrasi Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan dengan luas wilayah 134,4449 hektar yang terdiri atas dua Dusun, 2 RW dan 5 RT. Batas wilayah administrasi Desa Rajawetan sebelah barat Desa Mandirancan, sebelah Utara Desa Mekarjaya sebelah Selatan Desa Tajurbuntu dan sebelah Timur Desa Sindangkempeng. Sedangkan Jarak dari Desa Rajawetan ke Ibu Kota Kecamatan ± 3 km, ke Ibu Kota Kabupaten ± 25 km, dan ke Ibu Kota Provinsi ± 150 km..
Secara geografis, Desa Rajawetan adalah merupakan wilayah pergunungan/dataran  dengan ketinggian  250 mdl diatas permukaan yang terdiri dari persawahan dan perkebunan. Desa Rajawetan mempunyai 2 sumber mata air yaitu dari desa Tajurbuntu dan sawah lame. Desa Rajawetan terdiri dari 2 dusun, yaitu dusun Tersana dan dusun Lamelaut dengan rincian RT sebagai berikut:
1.      Dusun Tersana, terdiri dari 3 RT
2.      Dusun Lamelaut ,terdiri dari 2 RT
Bedasarkan penelitian melalui Mapping dan Transektoral, bahwa di Desa Rajawetan mempunyai dua rukun warga (RW) dan lima rukun tangga (RT) serta terdapat beberapa temuan diantaranya:
·      Balai Desa Rajawetan
·      Masjid Jami Nurulhuda Desa Rajawetan
·      Satu Mushola
·      Sekolah Dasar Negeri Rajawetan I
·      Madrasah Diniyyah
·      Pemukiman Penduduk
·      Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani)
·      Pemakaman Umum
·      Sawah
·      Irigasi / Saluran Air
·      Jembatan

B.     Ekonomi
Desa Rajawetan adalah salah satu desa yang diberi keitimewaan oleh Allah SWT dengan tanah yang sangat subur yang terletak di kabupaten Kuningan bagian utara berbatasan dengan kabupaten Cirebon. Sehingga dengan demikian tanahnya dapat ditanami oleh para petani dengan berbagai jenis tanaman terutama padi, ubi dan Bengkoang.
Perekonomian masyarakat Desa Rajawetan didominasi oleh sektor Pertanian (Petani). Berdasarkan data yang diperoleh dari desa Rajawetan kecamatan Pancalang kabupaten Kuningan

C.    Kesehatan
Dalam bidang kesehatan, temuan yang dapat penyusun temukan adalah lingkungan bersih. Akan tetapi mempunyai kendala pada tempat pembuangan akhir sampahnya. Kebanyakn masyarakat desa Rajawetan membuang sampah dihalaman belakang rumah dengan membuat kubangan kemudian dibakar.
Selain itu, belum adanya tong sampah sehingga masyarakat membuang sampah sembarangan. Posyandu dan poskesdes selalu berjalan setiap satu minggu sekali.

D. Sosial Budaya
Masyarakat Desa Rajawetan banyak memiliki budaya-budaya yang masih terjaga sampai saat ini, seperti :
  1. Jam’iyahan dan Pengajian Rutin yang dilaksanakan di Masjid dan rumah-rumah warga seperti pengajian LPM pada sabtu malam (Bapak-bapak), Muslimat (tua) pada kamis malam dan sabtu siang, pengajian rutin selasa siang dengan menghadirkan penceramah dari dalam atau luar desa.
  2. Tahlilan kematian yaitu 1-7 hari , 40 hari, 100 hari (natus), dan 1000 hari (mendak).
  3. Maulidan (menghormati hari lahir nabi Muhammad SAW) dan kegiatan PHBI dan PHBN lainya.
BAB V
PENUTUP
REKOMENDASI

Pelaksanaan  KKN  II IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun akademik 2010/2011 menerapkan metode Participatory  Action Research (PAR) mempunyai tujuan utama yaitu perubahan yang diharapkan adalah kehidupan masyarakat yang lebih baik yang dilakukan masyarakat sendiri. Oleh karena itu setiap permasalahan yang ada di Desa Rajawetan mahasiswa hanya sebagai fasilitator dan penyelesaian permasalahan tersebut dilakukan oleh masyarakat sendiri.
Program KKN yang diselenggarakan oleh LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan bagian yang tidak terpisahakan dari aktualisasi Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, pengabdian, dan penelitian. Dengan Perpaduan Tridarma perguruan tinggi tersebut, diharapkan program KKN mampu mendorong percepatan upaya pengembangan masyarakat beragama kearah terciptanya situasi dan kondisi yang dinamis menuju perbaikan dan kemajuan sesuai dengan budaya-budaya setempat.
Setelah partisipan bersama masyarakat menyelesaikan masalah, kini setidaknya para pemuda dan pemudi menyadari akan pentingnya kegiatan-kegiatan yang positif dan pelatihan yang diadakan oleh IRMAS dan Karang Taruna. Adanya kerjasama pemuda-pemuda antar dusun, menciptakan aktualisasi Islam dan kesadaran pada warga untuk melakukan pembenahan-pembenahan dengan cara bergotong royong antar dusun yang ada di Desa Rajawetan atau peningkatan kreativitas dalam mengerjakan program pengembangan kemasyarakatan berupa pelatihan keterampilan, kesadaran untuk saling bekerja sama antar warga dan terjadi perubahan pola pikir warga untuk lebih cermat lagi dalam melihat  peluang usaha dan manfaat dari apa yang telah ada. Semoga apa yang telah dilakukan bersama dapat memberikan sumbangsih positif terutama bagi peneliti dan masyarakat pada umumnya dan berkelanjutan untuk seterusnya. Amiin…


LAMPIRAN-LAMPIRAN
SURAT KETERANGAN

Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan menerangkan bahwa:

1.      ANI FAUZIAH P/58471343/PGMI-B
2.      CANDRA INDRI Y. L/58320170/EPI-B
3.      FERA FAJRIAH /58461256/BIO-C
4.      IMA MUTASIM /5821005I/KPI
5.      IMAM JAMARUDIN/58410372/PAI-C
6.      KHAYATUN NUFUS/58110012/SPI
7.      LUKIS SUGIARTI/07440533/IPS-B
8.      MIMIN MINTARSIH/58430529/PBI-G
9.      NOK VERAWATI/58430726/PBI-F
10.  R. ASEP BRATA MUJI/58410094/PAI-D
11.  SETIATI RAHAYU/58451132/MTK-D
12.  T. ASTRIA RUMADI/58430697/PBI-E
13.  TIA SHOFIATUDDIANA/58440838/IPS-D
14.  WANTORO/58451050/MTK-B

Nama-nama tersebut diatas adalah mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah melaksanakan tugas di masyarakat dengan baik dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari tanggal 27 Juni  sampai 5 Agustus 2011 di Desa Rajawetan Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan.
Demikian Surat Keterangan ini kami buat dengan sesungguhnya agar dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                           Rajawetan,  Agustus 2011
                                                                                             Kades  Desa Rajawetan



                                                                                        Dedi Mulyadi Ruslan







Comments