Laporan PPL


KATA PENGANTAR

Alhamdulillahhirabbilalamin hamdanyuwafi niamahu wayukafimazidah,  yarabbna lakalhamdu kamalijalaliwajhikal wa’adhimisulthan.
Puji syukur kehadhirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya penulis berada dalam keadaan sehat walafiat sehingga telah dapat menyelesaikan laporan program pengalaman lapangan. Laporan ini penulis buat berdasarkan hasil pengamatan, wawancara dan pengalaman langsung selama mengikuti praktek pengalaman lapangan (PPL) harian umum (HU) Kabar cirebon.
Laporan ini merupakan salah satu syarat bagi setiap mahasiswa jurusan komunikasi penyiaran islam (KPI) Fakultas ADDIN IAIN Syekh nurjati cirebon, untuk menyelesaikan studinya sehingga kelak dari pengalaman ini dapat menembah pengalaman dan wawasan yang lebih luas serta dapat meciptakan nuansa yang lebih baru.
Keberhasilan penulisan laporan ini tidak terlepas dari bantuan serta arahan dari berbagai pihak baik itu secara individu maupun secara umum terutama bimbingan dan pengarahan yang tulus dan ikhlas dari pembimbing, untuk itu penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada:
  1. Koordinator PPL dan Dosen Pembimbing
  2. Pimpinan Redaksi Harian Umum Kabar Cirebon
  3. Waratwan pembimbing  Harian Umum Kabar Cirebon
  4. Rekan-rekan seperjuangan yang telah mendukung dan memberi arahan serta kritikan demi terselesainya laporan ini

Kepada semua pihak yang telah membantu, kami tidak bisa membalas jasa yang telah diberikan kepada kami, hanya kepada tuhan jualah kami berserah diri semoga semua apa yang telah diberikan itu mendapat imbalan yang setimbalnya.
Kami menyadari dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan­kekurangan yang terdapat di dalamnya, untuk itu penulis sangat mengharapkan adanya kritikan dan masukan yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Akhir kata penulis berharap semoga laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi penulis sendiri dan orang lain pada masa-masa yang akan datang
Amin yarabbal alamin
Cirebon, 20 Desember 2011


Penyusun Kelompok

 
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kata dasarnya “jurnal” (journal), artinya laporan atau catatan, atau “jour” dalam bahasa Prancis yang berarti “hari” (day). Asal-muasalnya dari bahasa Yunani kuno, “du jour” yang berarti hari, yakni kejadian hari ini yang diberitakan dalam lembaran tercetak.
Sebagai ilmu, jurnalistik adalah “bidang kajian” mengenai pembuatan dan penyebarluasan informasi (peristiwa, opini, pemikiran, ide) melalui media massa. Jurnalistik termasuk ilmu terapan (applied science) yang dinamis dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan dinamika masyarakat itu sendiri. Sebaga ilmu, jurnalistik termasuk dalam bidang kajian ilmu komunikasi, yakni ilmu yang mengkaji proses penyampaian pesan, gagasan, pemikiran, atau informasi kepada orang lain dengan maksud memberitahu, mempengaruhi, atau memberikan kejelasan.
Dalam pelaksanaan praktek pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa ditempatkan pada sejumlah media yang ada di wilayah cirebon salah satunya adalah media cetak harian umum kabar cirebon.
B. Tujuan
Tujuan yang diharapkan dan pelaksanaan pengalaman lapangan terbagi atas 2 (dua) tujuan, tujuan khusus dan tujuan umum sebagaimana tersebut dibawah ini:
1.      Tujuan Umum
a.       Memberikan kesempatan bagi mahasiswa KPI Fakultas ADDIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon  untuk memperoleh pengalaman dalam memgaplikasi teori pengalaman kegiatan Jurnalistik.
b.      Meningkatkan kompetisi profesional jurnalis dalam hal pengolahan kegiatan dilapangan.
c.       Mendorong mahasiswa KPI Fakultas ADDIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon  untuk senantiasa mawas diri atas kegiatan profesional sebagai tolak ukur peningkatan kemampuan profesional insan jurnalis.
d.      Menanamkan sikap jurnalisme dalam praktikan.
e.       Memberikan pengalamann lapangan yang nyata sebagai usaha meningkatan ketrampilan mengelola informasi dan komunikasi.
2.      Tujuan Khusus
Tujuan khusus dapat diklafikasikati atas 3 (tiga) kelompok yaitu :
a.       Aspek Pengetahuan
Mahasiswa sebagai pen da’i yang berdakwah melaui media tulisan  diharapkan dapat memiliki pengetahuan teoritis yaitu berkaitan dengan kegiatan jurnalistik.
b.       Aspek Ketrampilan
Masiswa diharapkan memiliki ketrampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis ke dalam praktek lapangan (teaching dan non teaching).
c.        Aspek Sikap
Mahasiswa diharap memiliki komitmen terhadap tugas-tugas potensial jurnalis antara lain :
1.      Mengelola informasi
2.      Meningkatkan keahlian
3.      Menyesuaikan diri dengan tuntunan protesional yang semakin berkembang
4.      Memberikan pelayanan informasi kepada publik
5.      Menerapkan keterampilan jurnalistik serta mampu menerapkan berbagai kemapuan kewartawanan secara utuh dan terintegrasi dalam situasi nyata di bawah bimbingan para pembimbing
6.      Melatih diri dalam penguasaanlapangan.
BAB II
PELAKSANAAN PPL
A.  Observasi Lapangan
Observasi adalah peninajuan lapangan dimana mahasiswa akan ditempatkan atau ditugaskan untuk melakukan prantek lapangan.
Untuk mengenal lingkungan media cetak  yang kita tempati maka kita harus melakukan observasi lapangan terlebih dahulu. Observasi lapangan ini dilaksanakan dari tanggal 31 Oktober  sampai 1 Desember 2011, keadaan yang diamati ada 2 (dua) yaitu, pengenalan lapangan dan kegiatan.
1.      Observasi Lapangan
a.       Mengenal sejarah dan visi misi kabar cirebon
b.      Mengenal Menejemen kabar cirebon
c.       Mengenal sirkulasi, iklan dan marketing
d.      Mengenal job discriftion kabar cirebon
e.       Fasilitas kabar cirebon
f.        Keadaan karyawan kabar cirebon
g.       Tingkat pendidikan karyawan kabar cirebon
2.      Observasi Kegiatan liputan  
a.       Cara wartawan mencari berita (mengolah informasi dilapangan)
b.      Cara redaktur menyunting berita
c.       Cara perusahaan mendistribusikan koran
B.     Rapat proyeksi
Rapat proyeksi yang dilaksanakan setiap hari  merupakan kegiatan penting bagi mahasiswa praktek untuk mengetahui pengolahan informasi yang aktual dalam media cetak sebagai bentuk evaluasi dan proyeksi. Rapat proyeksi ini dipimpin oleh pimpinan redaktur dan dihadiri oleh seluruh wartawan yang liputan sesuai wilayahnya masing-masing dengan pembahasan yang meliputi:
a.       Membahas berita yang layak dimuat dan dijadikan hot isue
b.      Mengevaluasi kinerja wartawan dari setiap hasil liputan
c.       Mengabsen kehadiran wartawan
d.      Menentukan isue yang bakal diangkat
e.       Pembagian tugas dan wilayah kerja sesuai dengan job masing-masing
C.      Liputan berita
Liputan berita adalah proses pencarian informasi aktual dan eklusif untuk diolah menjadi sebuah berita, untuk memudahkan kinerja dalam perusahaan harian umum kabar cirebon setiap wartwan dibagi wilayah liputan nya masing-masing seperti halnya liputan dibagian kabupaten dan kota cirebon serta pembagian wilayah liputan sesuai dengan rubriknya seperti halnya liputan bagian pendidikan, olah raga, kriminal, politik, kesehatan dan kuliner.
Agar hanya tidak mengenal secara teori mahasiswa yang bertugas PPL dilibatkan dalam proses kerja liputan dan bagi dengan wartawan pembimbing lapangannya masing-masing. Sesuai dengan jumlah mahasiswa yang ada kami dibagi menjadi tiga wilayah liputan yaitu:
1.      Liputan kriminal
Yaitu meliput seputar peristiwa kriminal dan peristiwa seperti kecelakaan, pencurian, pembunuhan perampokan, penipuan dan lainnya.
2.      Liputan politik
Yaitu meliput seputar perkembangan situasi politik yang aktual diwilayah cirebon.
3.      Liputan pendidikan
Yaitu meliput seputar perkembangan dan kegiatan yang berkaitan dengan dunia pendidikan diwilayah cirebon


BAB III
PEMBAHASAN
A.     Sejarah Singkat Harian  Umum Kabar Cirebon
Kabar cirebon merupakan sebuahperusahaan media yang bergerak dalam media  masa harian umum surat kabar kabar cirebon. Harian umum kabar kabar cirebon sebelumnya KMD (Koran Masuk Desa) dan kemudian berubah menjadi harian umum mitra dialog dan sekarang menjadi harian umum mkabar cirebon.
Berdirinya harian umum kabar cirebon merupakan wujud nyata dari perkembangan media masa baik secara kulaitas maupun secara kuantitas. Harian umum kabar cirebon di rintis pada tahun 1980 hingga sekarang dengan dilegalisir oleh menteri penerangan berupa surat keputusan no. 203/kep/menpen/1987  dan surat keputusan dari pt. Pikiran rakyat sk/211/dir.p56/80sk direksi. Perusahaan ini menerbitkan harian umum kabar cirebon. Pada mulanaya harian umum pikiran rakyat edisi cirebon adalah surat kabar yang ditunjukan untuk masyarakat se-wilayah III cirebon yang meliputi kota dan kabupaten cirebon, kabupaten majalengka, kuningan dan indramayu dengan penerbitan 4 halaman dan terus bertambah hingga delapan halaman dan prekuansi penerbitan 1 kali dalam seminggu, menjadi 3 kali dalam seminggu, yaitu terbit pada hari selasa, kamis, sabtu untuk hari libur tetap terbit kecuali hari libur nasional atau hari raya besar agama.
Pada tanggal 2 agustus 1997 harian umum mitra dialog dengan surat ijin usaha penerbitan pers  (SIUPP) nomor 316/SK.Menpen/1997, sedangkan pergantian nama dari harian umum mitra dialog menjadi harian umum kabar cirebon pada tanggal 23 maret 2010.
Perkembangan informasi dan komunikasi yang semakin pesat menjadikan harian umum kabar cirebon harus mampuberkomptensi agar bisa diterima di hati masyarakat. Oleh karena itu pihak menejemen meningkatkan edisi terbitnya menjadi enam kali seminggu dan menjadi koran harian pada tanggal 1 mei 2004. Sedangkan pada bagian distribusi atau disebut juga bagian sirkulasi yang bertugas setia terhadap distribusi dan penjualan koran telah mencapai target sasaran akan tetapi penungkatan baik mutu maupun kuantitas prodak harus tetap ditingkatkan.
Pengorganisasian meruapakan penerapan aktivitas-aktivitas yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan dan bagian-bagiannya. Pengelompokan aktivitas-aktivitas menugasankan aktivitas pada meneger-meneger  bawahannya. Delegasi wewenang untuk melaksanakan tugas dan informasi baik vertikal maupun horizontal melalui struktur organisasi. Pembagian tugas dan wewenang dalam perusahaan sangat diperlukan agar kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan baik dan tujuan yang ditetapkan tercapai oleh peruasahaan.

B.       Visi dan Misi Harian  Umum Kabar Cirebon
Visi menyangkut berbagai pandangan (filosofi) dasar masyarakat. Terdiri dari filosofi agama, sosial, budaya, ekonomi, politik dan lainnya. Karena ini mengingat koran tersebut merupakan koran yang pertama kali terbit secara tidak terputus dijalur pantura cirebon. Meski kini muncul pesaing-pesaing baru ditingkat lokal, namum brand image masyarakat tetap tidak berubah.
Untuk menggapai visi tersebut, maka perlu ada tahapan-tahapan produktivitasinilah yang disebut misi. Karena kabar cirebon telah menjadikan dirinya ebagai bacaan utama warga pantura cirebon, maka diperlukan adanya sinergi internal dalam menejemen antara bagian redaksi, pemasaran (iklan dan tiras), keuangan, balitbang dan bagian-bagian lain yang ada. Adapun visi dan misi kabar cirebon adalah sebagai berikut :
1.      Visi Kabar Cirebon
" kabar cirebon pilihan utama masyarakat pantura cirebon "
2.      Misi Kbara Cirebon
"melayani pembaca dengan memenuhi kebutuhan informasi"
"mengembangakan tiras dan iklan yang optimal"
"mengembangkan minat baca"
"mandiri tanpa mengabaikan kesejahteraan karyawan"


C.      Segmentasi Kabar Cirebon
Masyarakat dengan beragam status social di wilayah pantura Cirebon.

D.      Positioning Kabar Cirebon
Koran lokal yang berada dan berkembang dalam pikiran masyarakat
E.      Targeting Kabar Cirebon
Meraih pelanggan dan pemasang iklan sebanyak-banyaknya.
      
F.      Keadaan Karyawan Harian  Umum Kabar Cirebon
   Untuk mengetahui keadaan karyawan harian umum kabar cirebon penyusun menyajikan tabel sebagai berikut :
Tabel 1
Keadaan karyawan harian umum kabar cirebon pada tahun 2011
No
Keterangan
Jumlah
1
Karyawan tetap
68
2
Tenaga Outsourcing
10

Jumlah
78
Sumber : Kantor Harian  Umum Kabar Cirebon
                                                                                      
Kemudian untuk mengetahui keadaan karyawan harian umum kabar cirebon berdasarkan tingkat pendidikan dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 2
Kadaan Karyawan Harian  Umum Kabar Cirebon Berdasarkan Tingkat Pendidikan Tahun 2011

No
Keterangan
Jumlah
1
Sarjana (S1)
30
2
Sarjana Muda (D3)
28
3
SLTA
20

Jumlah
78
Sumber : Kantor Harian  Umum Kabar Cirebon
Berdasarkan tabel diatas, dapat diketahui bahwa karyawan harian umum kabar cirebon yang berpendidikan sarjana (S1) sebanyak 30 orang, dan yang berpendidikan Sarjana Muda (D3) sebanyak 28 orang, sedangkan sisanya sebanyak 20 orang berpendidikan SLTA. Dengan demikian bahwaharian umum kabar cirebon di dominasi oleh karyawan berpendidikan Sarjana (S1).

G.       Uraian Tugas Pokok
Dalam rangka menjalankan peusahaan, harian umum kabar cirebon menetapkan adanya struktur organisasi dalam menejemen perusahaanya dengan job description .
1.     Pimpinan Umum
Tugas dan tanggungjawab secara umum
a.       Memimpin Penerbitan SK harian Umum Kabar Cirebon baik bidang redaksi atau budang usaha.
b.      Mengendalkan penyelenggaraan penerbitan,dengan senantiasa menjungjung tinggi atas gotong royong, kekeluargaan dan musyawarah mufakat.
c.       M engendalikan penyelenggaraan manajemen keuangan perusahaan secara konsisten dan konsekuen dengen memegang prinsif efektif dan efisien.
d.      Menetepkan perencanaan strategi usaha, sistem kerja dan teknologi sesuai dengan garis besar program perusahaan yang ditetapkan oleh PT. Berkah Pikiran Rakyat.
e.       Mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas, tanggung jawab dan wewenang kepada Direktur Utama.
f.        Menerima pendelegasian dari Direktur utama untuk menyelesaikan tuntutan hokum yang timbul dari pengelola Bidang Redaksi maupun Bidang Usaha Harian Umum Kabar Cirebon.
2.     Satuan Pengawasan Intern ( SPI)
Tugas dan Tanggungjawab
Melaksanakan pemeriksaan intern keuangan, operasional perusahan dan menilai pengendalian, pengelolaan, pelaksanaan kegiatan perusahaan serta memberikan saran-saran perbaikannya kepada Direktur Utama menuju kearah produktivitas terbaik untuk mencapai target yang ditetapkan perusahaan.
3.     Kepala Penelitian dan Penegembangan
Tugas dan Tanggungjawab
a.       Menghimpun dan mengelola data, informasi baik dari lingkungan intern maupun ekstern yang mempunyai pengaruh terhadap perkembangan dan kelestarian perusahaan .
b.      Melakukan penelitian pasar dan menganalisis untuk perkembangan produk dan usah.
c.       Melakukan penelitian terhadap strategi dan perkembangan produk pesaing.
d.      Melaksanakan penelitian terhadap produktivitas, efektifitas dan efesiensi kerja perusahaan, berkordinasi dengan SPI dan teknologi.
e.       Membuat laporan hasil penelitian berupa inormasi yang dapat di manfaatkan atau diterapkan pada linkunga perusahaaan.
f.        Membuat profil perusahaan.
g.       Membuat RAAP Litbang sesuai dangan perusahaan yang telah di susun.
h.      Merealisasikan program kerja Litbang perusahaan sesuai dengan Anggaran Pengeluaran (AP) serta mempertanggungjawabkannya kepada Direktur Utama.
i.         Melakukan koordinasi dengan semua bidang dan fungsi organisasi dilingkungan Grup Pikiran Rakyat mengenai Litbang Perusahaan.
j.         Membuat laporan pertanggunjawaban Litbang Kepada Direktur Utama secara berkala.
k.       Mengembangkan dan memelihara hubungan industrial antara staf dengen manajemen serta menciptakan kondisi krja yang sehat dan harmonis.
l.         Menyelenggarakan rapat proyeksi, teknis dan evaluasi Litbang baik secara mingguan, berkala, maupun tahunan.

4.     Kepala Bagian Teknologi Informasi
Fungsi tugas dan tanggung jawab secara umum
a.       Merumuskan, menyusun program kerja perusahaan tertutama yang berkaitan dengan pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan perangkat teknologi serta system dan jaringan informasi.
b.      Membuat sistem informasi berdasarkan usulan Satuan Pengawas Intern yang telah mendapatkan persetujuan Direktur Utama dan membangun sistem jaringan informasi.
c.       Merumuskan dan melaksnakan peraturan –peraturan serta kebijakan-kebijakan yang berkenaan dengan penyelengaraan kerja pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan perangkat teknologi serta jaringan informasi.
d.      Menyusun mengawasi dan melaporkan penggunaan anggaran bulanan Badan Teknologi Informasi.
e.       Memperhatikan, mencatat dan menganalisis setiap laporan, usulan, serta saran dari setiap unsur Bidang Badan Informasi dan Bidang lainnya.
f.        Mengembangkan dan memelihara hubungan industrial antara staf dan dengan manajemen serta menciptakan kondisi kerja yang sehat dan harmonis.
g.       Mengikuti setiap rapat perusahaan sebagaimana didalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga Perusahaan.
5.     Sekertaris Perusahaan
Tugas dan Tangggungjawab
a.       Membantu menyusun dan mempersiapkan kerja dan jadwal kegiatan direksi.
b.      Mempersiapkan dan mengatur akomodasi dinas direksi, pimpinan Umum dan Pimpinan Perusahaan.
c.       Mengadministrasikan dan menyimpan secara tertib dan aman dokumen, sertifikat, surat berharga, akte, dan surat penting perusahaan.
d.      Menampung laporan kegiatan perusahaan dari setiap bidang dan membuat analisis dan resumenya untuk keperluan direksi.
e.       Mengatur tata cara penerimaan tamu, telepon, dan informasi dengan menjaga keamanan dan kerahasiaan perusahaan.
f.        Melakukan dan menyelenggarakan tugas administrasi dan korespondensi untuk menunjang kegiatan operasiaonal perusahaan.
g.       Mengatur penentuan penomoran dan pengelolaan surat menyurat dinas perusahaan.
h.      Mempersiapkan, mengikuti dan membuat notulensi rapt pimpinan, rapat koordinasi dan RUPS/LB perusahaan.
i.         Apabila diperlukan, mengikuti dan membuat notulensi rapat Direksi dengan pihak ekstern.
j.         Mengebangkan dan menjalin hubungan yang harmonis baik dengan seluruh bidang diperusahaan maupun dengan intansi lain diluar perusahaan.
k.       Membuat, menetepkan program kerja dan rencan kegiatan.
6.     Pimpinan Perusahaan harian Umum Kabar Cirebon
Tugas dan tanggungjawab
a.       Membantu pimpinan umum dalam menyusun dan membuat rencana anggaran pendapat dan pengeluaran tahunan, sesuai dangan rancana umum anggaran perusahaan.
b.      Mempertimbangkan masukan setiap manajer untuk menetapkan anggaran penerimaan dan pengeluaran perusahaan.
c.       Membuat dan menetapkan kebijakan strategi persahaan sesuai dangan rencana secara menyeluruh.
d.      Menerima dan mengevaluasi laporan realisasi penerimaan dan pengeluaran perusahaan secara menyeluruh.
e.       Mengkoordinasikan para manajer dalam melaksanakan dan menyenggarakan perusahaan dengan perpedoman pada asas efektif dan efesien.
f.        Mengsosialisasikam peraturan ketetapan dan kebijakan perusahanan kepada semua karyawan.
g.       Menyampaikan saran kepada Direktur utama melalui Pimpinan Umum dan manjalin kerja sama dengan institusi lain diluar perusahaan Grup Pikiran Rakyat.
h.      Membantu Pimpinan Umum dalam merncanakan, mengawasi, dan mengembangkan manajemen sumberdaya manusia dan manajemen usaha penerbitan.
i.         Menerima, memeriksa, dan mendatangani cek / bilyet giro, disponisi, formulir disposisi potongan harga iklan.
j.         Mengembangkan dan memeilhara hubungan industrial antara staf dengan mamajemen serta menciptakan kondisi kerja yang sehat dan harmonis.
k.       Melakukan kordinasi yang harmonis dinamis dengan seluruh unsur pimpinan Grup pikiran Rakyat.
l.         Menyelenggarakan rapat Proyeksi, teknis, evaluasi rencana baik usaha secara mingguan mingguan bulanan, maupun tahunan.
m.    Mengikuti setiap rapat perusahaan sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar dan Rumah tangga perusahan.
n.      Menyelanggarakan dan memimpin Rapat RRAP realisasi APP setiap bulan.
o.      Melaporkan secara periode pelaksanaan tugas daan tanggung jawab kepada pimpinan umum.
7.     Manajer Perusahaan
Tugas dan Tanggung jawab secara umum
a.       Merencanakan, menysusn dan menetapka strategi dan Program kerja Depertemen Pemasaran meliputi bidang Iklan, Bidang sirkulasi, dan Bidang Promosi.
b.      Menugaskan para asisten manajer untuk melaksnakan program yang sudah ditetapkan.
c.       Menghimpun dan mengevaluasi data, masukan dan usulan dari para asisten manajer mengenai program kerja bidang iklan, sirkulasi dan promosi.
d.      Membantu pimpinan perusahan menyusun proyeksi penjualan dan pendapatan.
e.       Membuat rencana anggaran pengeluaran Depertemen Perusahaan.
f.        Melaksanakan program kerja Departemen Pemesaran sesuai anggaran pendapatan dan pengeluaran (APP) serta mempertanggungjawabkannya kepada pimpinan perusahaan.
g.       Meelakukan koordinasi dengan semua bidang dang fungsi organisasi di lingkungan Grup Pikiran Rakyat mengenai periklanan, sirkulasi dan promosi.
h.      Membina dan mengawasi SDM Departemen pemasaran serta melakukan sistem pemberian penghargaan atau sanksi.
i.         Membuat laporan pertanggungjawaban kepada pimpinan perusahaan secara berkala mengenai kinerja departemen Pemasaran.
j.         Melakunkan koordinasi dengan badan litnbang mengenai penelitian dan pengembangan pasar.
k.       Memelihara dan mengembangkan hubungan yang harmonis baik dengan seluruh bidang diperusahaan maupun dengan intansi lain diluar perusahaan.
l.         Menyelenggarakan rapat Proyeksi, teknis, evaluasi rencana baik usaha secara mingguan mingguan bulanan, maupun tahunan.
8.     Asisten Manajer pemasaran bidang iklan.
Fungsi tugas dan tanggungjawab secara umum
a.       Membantu manajer pemasaran merumuskan, menyusun program perusahaan yang berkaitan dengan bidang iklan
b.      Membantu manajer perusahaan merumuskan dan melaksanakan peraturan-peraturan serta kebijakan-kebijakan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kerja bidang iklan
c.       Membantu manajer pemasaran melakukan pengaturan, pengawasan, pembinaan dan penilaian terhadap karyawan bidang iklan
d.      Membantu manajer pemasaran menyusun, mengawasi dan melaporkan penggunaan anggaran bulanan bidang iklan
e.       Memperhatikan, mencatat dan menganalisis setiap laporan, usulan, serta saran segenap unsur di bidang iklan, pemasangan iklan atau bidang lainnya
f.        Melaksanakan kebijakan potongan harga iklan berdasarkan SK potongan harga yang telah ditetapkan perusahaan, dengan pengecualian untuk penjualan khusus di luar SK potongan harga yang telah disetujui oleh manajer pemasaran
g.       Membantu manajer pemasaran merencanakan, menyusun, melaksanakan program kemitraan dengan pemasang iklan, biro iklan dan instansi pemerintah/swasta.
9.     Pelayanan Langsung
Tugas dan tanggungjawab
a.       Menerima order iklan langsung maupun tidak langsung, tunai atau kredit serta memeriksa kelengkapan persyaratan dan kelayakan materi iklan sesuai dengan ketetapan perusahaan.
b.      Mengembalikan kepada calon pemasang , order iklan yang tidak memnuhi persyaratan dan tidak layak muat atas pertimbangan Asisten Manager Pemasaran Bidang Iklan.
c.       Memberikan potongan harga kepada calon pemasang iklan sesuai dengan SK potongan harga yang ditetapkan perusahaan.
d.      Merumuskan kepada Asisten Manajer Pemasangan Bidang Iklan untuk permintaan pemasangan yang bersifat penjualan khusus.
e.       Memberikan materi iklan yang sudah disetujui beserta kelengkapannya kepada administrasi iklan untuk proses lebih lanjut.

10.Account Executive (AE)
Tugas dan tanggungjawab
a.       Menerima blanko kuitansi iklan dari Asisten Manager Bidang Keuangan atas sepengetahuan Asisten Manajer Bidang Iklan melalui kasir.
b.      Menggunakan kuitansi sebagaimana dimaksud pada butir (a) pemasang iklan yang membayar tunai.
c.       Mengembalikan blanko kuitansi yang tidak terpakai dan menyetorkan uang hasil pembayaran iklan tunai yang dimaksud dalam butir (b) beserta tebusan kuitansi kepada kasir setiap hari.
d.      Mencari dan menawarkan jasa pemasangan iklan kepada perusahaan instansi pemerintah/swasta dan masyarakat.
e.       Menerima order iklan dari calon pemasang iklan serta memeriksa kelengkapan persyaratan dan kelayakan materi iklan sesuai dengan ketetapan perusahaan.
11.Administrasi Iklan
Tugas dan tanggungjawab
a.       Menerima order dan materi iklan beserta kelengkapannya dari pelayan langsung dan Account Executive yang telah disetujui asisten Manajer pemasaran Bidang Iklan uuntuk dimuat.
b.      Memasukan data dan meertbitkan order transaksi iklan.
12.Teknik Iklan
Tugas dan tanggungjawab
a.       Menerima boxing space, dummy iklan dan materi iklan dari staf administrasi iklan dan mengembalikannya setelah pemuatan iklan pada keesokan harinya.
b.      Melakukan peraturan tata letak sesuai dummy iklan, berkoordinasi dengan Asisten Manajer Pemasaran Produksi dan Redaktur Perwajahan Bidang Redaksi.
c.       Berwewenang menerima iklan baru diluar jam kerja, sebelum deadline iklan atas persetujuan asisten Manajer Pemasaran Bidang Iklan.
13.Asisten Manajer Perusahaan Bidang Sirkulasi
Tugas dan tanggungjawab
a.       Membantu Manajer Pemasaran merumuskan, menyusun program perusahaan terutama yang berkaitan dengan Bidang Sirkulasi
b.      Membantu Manajer Pemasaran merumuskan peraturan-peraturan serta kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kerja Bidang Sirkulasi
c.       Membantu Manager Pemasaran merencanakan dan menyusun strategi dan kebijakan pemasaran Koran khususnya pendistribusian dan penjualan
d.      Membantu Manager Pemasaran melakukan pengaturan, pengawasan, pembinaan terhadap karyawan sirkulasi
e.       Membantu Manager  Pemasaran menyusun, mengawasai, dan melaporkan program kerja serta mengatur penggunaan anggaran bulanan Bidang Sirkulasi
14.Administrasi Sirkulasi
Tugas dan tanggungjawab
a.       Menerima dan menyimpan surat perjanjian keagenan beserta kelengkapannya
b.      Memasukan dan permintaan/perjanjian jatah Koran dan staf penjualan ke basis data sirkulasi atas persetujuan Asisten Manajer Pemasaran Bidang Sirkulasi
c.       Menerima permintaann jatah Koran :
·         Bukti iklan dari bidang personalia
·         Jatah karyawan dari  bidang personalia
·         Prompsi dan bidang promosi
·         Perkenalan sesuai dengan program pengembangan sirkulasi
·         Barter Koran dan untuk relasi
d.      Menghitung jumlah tiras yang harus dicetak berdasarkan jatah agen, bukti iklan dan jatah lainnya, serta menerbitkan order cetak untuk ditandatanganioleh Asisten Manajer Pemasaran dan Manajer Produksi, kemudian diserahkan kepa Asisten Manajer Bidang Produksi
15.Penjualan
Tugas dan tanggungjawab
a.       Melakukan pengamatan potensi pasar di suatu daerah yang memungkinkan dikembangkan pemasaran
b.      Mencari dan mengangkat agen baru di suatu wilayah  yang di anggap potensial
c.       Membuat laporan secara periodic kepada Asisten Manajer Pemasaran Bidang Sirkulasi mengenai produktivitas
d.      Atas persetujuan Asisten Manajer Pemasaran Bidang Sirkulasi memberhentikan agen yang dianggap tidak mampu memenuhi ketentuan perusahaan dan perjanjian keagenan
e.       Membantu Asisten Manajer Pemasaran Bidang Sirkulasi melakukan pembinaan terhadap agen
16.Pengepakan
Tugas dan tanggungjawab
a.       Menerima dan memberikan Nota Penjualan dan Nota Pengiriman beserta Daftar Pendistribusian dan Administrasi Sirkulasi, kemudian mengelompokannya berdasarkan prioritas pendistribusian
b.      Menerima order cetak dari Asisten ManajerPemasaran Bidang Sirkulasi untuk disampaikan kepada percetakan melalui Bidang Produksi
c.        Menerimaintruksi penambahan/perubahan jatah Koran dan order cetak langsung dari pemimpin perusahaan pada malam hari
d.      Bekerja sama dengan Bidang Produksi dalam hal penambahan/perubahan jatah Koran dan order cetak
e.       Bersama dengan bidang produksi menerima oran dari percetakan dan mengghitung nomor cetak sesuai dengan order cetak
f.        Melaksanakan perhitunhan dan pengepakan Koran sesuai dengan nota pengiriman
17.Distribusi
Tugas dan tanggungjawab
a.       Membantu Manajer Pemasar dalam merumuskan, menyusun program kerja perusahaan terutama yang berkaitan dengan bidang promosi
b.      Membantu Manajer Pemasaran dalam merumuskan dan melaksanakan peraturan-peraturan serta kebijakan-kebijakan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kerja Bidang Promosi
c.       Membantu Manajer Pemasaran melakukan peraturan, pengawasan, pembinaan dan penilaian terhadap SDM Bidang Promosi
d.      Membantu Manajer Pemasaran menyusun, mengawasi dan melaporkan penggunaan anggaran Pengeluaran (AP) bidang lainnya
18.Staf Promosi
Tugas dan tanggungjawab
a.       Membantu Asisten Manajer BIdang Promosi menentukan waktu dan tempatuntuk melaksanakan kegiatan promosi
b.      Membantu Asisten Bidang Promosi merancang bentuk promosi, sesuai dengan objek yang menjadi target pasar, berupa pesan audio dan visual
c.       Membantu Asisten Bidang Promosi menyusun rencana anggaran promosi untuk dituangkan ke dalam RAP
d.      Melaksanakan kegiatan promosi antara lain :
·         Pemasangan spanduk dan kelengkapan lainnya
·         Pengadaan counter-counter promosi penjualan
·         Kepuasan kerja tenaga sales promotion untuk kegiatan tertentu
·         Mensponsori kegiatan yang dianggap efektif untuk promosi
19.Manajer Produksi
Tugas dan tanggungjawab
a.       Menyusun dan menetapkan program kerja bidang produksi yang meliputi teknologi informasi dan produksi manajemen kualitas produk dengan memperhatikan analisis dampak lingkungan
b.      Menugaskan para asisten untuk melaksanakan program kerja yang sudah di susun dan ditetapkan antara lain dengan memanfaatkan teknologi sebagai pendukung proses produksi
c.       Merealisasikan program kerja yang telah di susun dan ditetapkan ke dalam Rencana Anggaran Pengeluaran dan mempertanggungjawabkannya kepada pemimpin perusahaan
20.Asisten Manajer Bidang Produksi
Tugas dan tanggungjawab
a.       Membantu manajer produksi dalam merumuskan, menyusun program kerja perusahaan terutama yang berkaitan dengan bidang produksi
b.      Membantu Manajer Produksi dalam merumuskan dan melaksanakanperaturan-peraturan dan kebijakan-kebijakan yang berkenaan  dengan penyelenggaraan kerja bidang produksi
c.       Membantu manajer produksi melakukan pengaturan, pengawasan, pembinaan dan penilaian terhadap karyawan bidang produksi
d.      Membantu manajer produksi menyusun, mengawasi dan melaporkan penggunaan Anggaran Pengeluaran (AP) Bidang Produksi
21.Control Kualitas
Tugas dan tanggungjawab
a.       Melakukan pengawasan dalam proses produksi bersama-sama dengan bidang lainnya untuk meminimalisasi kesalahan
b.      Melaksanakan kelibrasi seluruh perangkat yang akan digunakan dalam proses produksi berdasarkan standarisasi yang digunakan
c.       Melaksanakan uji silang warna desainiklan, grafis dan foto sesuai order
d.      Melaksanakan pemeriksaan film hasil reproduksi dan imagesetter dengan menggunakan lensa loop dan densitometer
22.Manajer Keuangan dan Akuntansi
Tugas dan tanggungjawab
a.       Menyusun dan menetapkan program kerja bidang keuangan dan akuntansi yang meliputi bidang keuangan dan bidang akuntansi
b.      Menugaskan para asisten untukmelaksanakan program kerja yang telah ditetapkan
c.       Menghimpun dan mengevaluasi data, masukan dan usulan dari para asisten manajer mengenai program kerja bidang keuangan dan bidang akuntansi
d.      Membantu piminan perusahaan menyusun proyeksi pendapatan dan pengeluaran,  baik dari aktifitas usaha normal maupun di luar usaha norma perusahaan
23.Asisten Manajer Bidang Keuangan
Tugas dan tanggungjawab
a.       Membantu manajer keuangan dan akuntansi dalam merumskan program kerja perusahaan terutama yang berkaitan dengan bidang keuangan
b.      Membantu Manajer Keuangan dan Akuntansi merumuskan peraturan-peraturan serta kebijakan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kerja bidang keuangan
c.       Membantu Manajer Keuangan dan Akuntansi melakukan pengaturan, pengawasan, pembinaan dan penilaian terhadap SDM keuangan
d.      Mempertimbangkan dan memprhtian setiap laporan, usul serta saran-saran segenap unsur di bidang keuangan
24.Kolektor
Tugas dan tanggungjawab
a.       Menerima dan memeriksa faktur, blanko, kuitansi
b.      Menerima dan menandatangani daftar penagihan dan billing
c.       Membuat surat pemberitahuan kepada agen tentang jadwal penagihan
d.      Menerima uang, menerbitkan kuitansi kolektor serta mencatat hasil penagihan dalam daftar tagihan
25.Kasir
Tugas dan tanggungjawab
a.       Menerima uang pembayaran dari :
·         Aktivis di luar usaha normal perusahaan, antara lain pemegang saham, pinjaman afiliasi, kredit bank, jasa giro/bunga deposito
·         Aktivis usaha normal perusahaan, antara lain hasil penjualan Koran, hasil penjualan iklan baik dari pemasang langsung, biro iklan maupun dari kolektor dan hasil pencairan cek.
b.      Memeriksa berkas penjualan antara lain OTI, BAPR, BAKK, dan berkas penerimaan uang lainnya
c.       Mengghitung dan menerima keabsahan uang yang di terima
d.      Memasukan data, menerbitkan, dan menandatangani kuitansi kas
26.Asisten Manajer Bidang Akuntansi
Tugas dan tanggungjawab
a.       Membantu manajer keuangan dan akuntansi dalam merumuskan program perusahaan terutama yang berkaitan dengan bidang akuntansi
b.      Memberikan masukan kepada menajer Kuangan dan Akuntansi mengenai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kerja bidang akuntansi
I.   Kegiatan Perusahaan Kabar Cirebon  
Harian umum (HU) Kabar Cirebon pada awalnya adalah Surat kabar  Mitra dialog  yang ditujukan untuk semua kalangan, tidak membedakan berdasarkan gender, kepercayaan dan status sosial. Karena sifatnya yang untuk umum, maka H.U kabar Cirebon  mempunyai pembaca yang heterogen, yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat.
H.U Kabar Cirebon tidak bisa dipisahkan dari perjalanan S.K Mitra Dialog  dengan Koran Masuk Desa Pikiran Rakyat Edisi Cirebon. Pada awalnya sebelum berubah nama menjadi H.U Kabar Cirebon,   fungsi S.K Mitra Dialog adalah sebagai koran masuk desa  maka secara otomatis SK. Mitra Dialog hadir dan dipasarkan di pedesaan. Tujuan hadirnya SK. Mitra Dialog di pedesaan, yaitu sebagai wahana pemberdayaan masyarakat pedesaan secara informal.
 Tahap perkembangan SK. Mitra Dialog hadir di empat eks keresidenan, dua eks keresidenan Cirebon yang meliputi Kabupaten/Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu dan eks Keresidenan Purwakarta yang meliputi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Kerawang dan Kabupaten Bekasi. Sedangkan dua eks keresidenan Jawa Tengah, yaitu keresidenan Pekalongan yang meliputi Kabupaten/Kota Pekalongan, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang. Eks keresidenan meliputi Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Purbalingga.
S.K Mitra Dialog merupakan salah satu bidang usaha yang didirikan ole PT Berkah Pikiran Rakyat. Dimana pada saat itu, PT Berkah Pikiran Rakyat mempunyai dua bidang usaha penerbitan, yaitu S.K Mitra Dialog yang terbit enam kali seminggu di Cirebon dan Tabloid Priangan yang terbit di Tasikmalaya dan daerah pemasarannya khusus di daerah priangan timur.
Berdasar spirit tren media masa kini, para pimpinana PT. Pikiran Rakyat berinisiatif mengganti nama-nama anak perusahaannya. Pada 24 Maret 2010, bertepatan ulang tahun Pikiran Rakyat yang ke-65, nama HU Mitra Dialog berganti nama menjadi HU Kabar Cirebon. Begitu pun anak perusahaan lain, seperti HU Priangan yang berdomisili di Tasikmalaya berganti nama menjadi HU Kabar Priangan dan HU Fajar Banten yang berdomisili di Serang, Banten, berganti nama menjadi HU Kabar Banten.




BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Program pengalaman lapangan (PPL) adalah salah satu syarat akhir bagi mahasiswa jurusan komunikasi penyiaran islam Fakultas ADDIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk menyelesaikan kuliahnya, juga menipakan salah satu langkah yang ditempuh oleh fakultas ADDIN guna mempersiapkan output kelulusan yang berprofesional seperti yang diharapakan oleh dunia jurnalistik dn komunikasi di Cirebon.
Keberhasilan seorang jurnalis dalam mengolah informasi dan penguasaan lapangan sangat tergantung pada penguasaan teori, bagaimana ia mengelola informasi dengan penggunaan media yang tepat agar tidak salah menafsirkan arti suatu pokok bahasan.
Selama pelaksanaan pengalaman lapangan (PPL) di HU Kabar Cirebon kami sangat banyak mendapat pengalaman berharga, semoga pengalaman ini bisa dijadikan sebagai bekal untuk kemudian hari agar lebih baik dan bermutu dan semoga bisa menjadi propesi sebagaimana mestinya.
Seorang jurnalis harus mampu mengatasi berbagai kendala dan masalah yang diharapakan agar proses penyampaian informasi tercapai dengn baik.
B. Saran
Agar dapat tercapai secara optimal sebagaimana yang diharapakan oleh suatu kalangan media, disini kami ingin mengemukan beberapa saran antara lain :
1.   Sebagai seorang calon ahli komunikasi mahasiswa program pengalaman lapangan (PPL) harul betul-betul mengetahui tentang seluruh kode etik jurnalis.
2.   Tanggung jawab perusahaan media terhadap pengolahan berita janganlah diserahkan kepada wartawan semata akan tetapi merupakan tanggung jawab antara seluruh elemen perusahaan.
4.   Hubungan antara praktikan dengan wartawan dan seluruh elemen  perusahaan sudah sangat baik dan hendaknya perlu dijaga terus.
5.  Diharapkan kepada mahasiswa praktikan semoga bisa menerapkan pengetahuan dan keterampilan dengan kedisiplinan agar dapat meningkatkan mutu dimasa yang akan datang.


Comments