KATA PENGANTAR
Alhamdulillahhirabbilalamin hamdanyuwafi niamahu wayukafimazidah, yarabbna lakalhamdu kamalijalaliwajhikal
wa’adhimisulthan.
Puji syukur kehadhirat Allah
SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya penulis berada dalam keadaan sehat
walafiat sehingga telah dapat menyelesaikan laporan program pengalaman
lapangan. Laporan ini penulis buat berdasarkan hasil pengamatan, wawancara dan
pengalaman langsung selama mengikuti praktek pengalaman lapangan (PPL) harian
umum (HU) Kabar cirebon.
Laporan ini merupakan
salah satu syarat bagi setiap mahasiswa jurusan komunikasi penyiaran islam
(KPI) Fakultas ADDIN IAIN Syekh nurjati cirebon, untuk menyelesaikan studinya
sehingga kelak dari pengalaman ini dapat menembah pengalaman dan wawasan yang lebih
luas serta dapat meciptakan nuansa yang lebih baru.
Keberhasilan penulisan
laporan ini tidak terlepas dari bantuan serta arahan dari berbagai pihak baik
itu secara individu maupun secara umum terutama bimbingan dan pengarahan yang
tulus dan ikhlas dari pembimbing, untuk itu penulis menyampaikan rasa terima
kasih yang sedalam-dalamnya kepada:
- Koordinator PPL dan Dosen Pembimbing
- Pimpinan Redaksi Harian Umum Kabar Cirebon
- Waratwan pembimbing Harian Umum Kabar Cirebon
- Rekan-rekan seperjuangan yang telah mendukung dan memberi arahan serta kritikan demi terselesainya laporan ini
Kepada semua pihak yang telah
membantu, kami tidak bisa membalas jasa yang telah diberikan kepada kami, hanya
kepada tuhan jualah kami berserah diri semoga semua apa yang telah diberikan
itu mendapat imbalan yang setimbalnya.
Kami menyadari dalam penyusunan
laporan ini masih banyak kekurangankekurangan yang terdapat di dalamnya, untuk
itu penulis sangat mengharapkan adanya kritikan dan masukan yang bersifat
membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Akhir kata penulis berharap
semoga laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi penulis sendiri dan orang
lain pada masa-masa yang akan datang
Amin yarabbal alamin
Cirebon,
20 Desember 2011
Penyusun Kelompok
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kata
dasarnya “jurnal” (journal), artinya laporan atau catatan, atau “jour”
dalam bahasa Prancis yang berarti “hari” (day). Asal-muasalnya dari
bahasa Yunani kuno, “du jour” yang berarti hari, yakni kejadian hari ini
yang diberitakan dalam lembaran tercetak.
Sebagai
ilmu, jurnalistik adalah “bidang kajian” mengenai pembuatan dan penyebarluasan
informasi (peristiwa, opini, pemikiran, ide) melalui media massa. Jurnalistik termasuk ilmu terapan (applied
science) yang dinamis dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi dan dinamika masyarakat itu sendiri. Sebaga
ilmu, jurnalistik termasuk dalam bidang kajian ilmu komunikasi, yakni ilmu yang
mengkaji proses penyampaian pesan, gagasan, pemikiran, atau informasi kepada
orang lain dengan maksud memberitahu, mempengaruhi, atau memberikan kejelasan.
Dalam pelaksanaan praktek
pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa ditempatkan pada sejumlah media
yang ada di wilayah cirebon salah satunya adalah media cetak harian
umum kabar cirebon.
B. Tujuan
Tujuan
yang diharapkan dan pelaksanaan pengalaman lapangan terbagi atas 2
(dua) tujuan, tujuan khusus dan tujuan umum sebagaimana tersebut dibawah ini:
1.
Tujuan Umum
a.
Memberikan kesempatan bagi
mahasiswa KPI Fakultas ADDIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk memperoleh pengalaman dalam memgaplikasi
teori pengalaman kegiatan Jurnalistik.
b.
Meningkatkan kompetisi
profesional jurnalis dalam hal pengolahan kegiatan dilapangan.
c.
Mendorong mahasiswa KPI
Fakultas ADDIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk senantiasa mawas diri atas kegiatan
profesional sebagai tolak ukur peningkatan kemampuan profesional insan
jurnalis.
d.
Menanamkan sikap jurnalisme dalam praktikan.
e.
Memberikan pengalamann
lapangan yang nyata sebagai usaha meningkatan ketrampilan mengelola informasi
dan komunikasi.
2.
Tujuan Khusus
Tujuan khusus dapat
diklafikasikati atas 3 (tiga) kelompok yaitu :
a.
Aspek Pengetahuan
Mahasiswa sebagai pen da’i
yang berdakwah melaui media tulisan diharapkan dapat memiliki pengetahuan teoritis
yaitu berkaitan dengan kegiatan jurnalistik.
b.
Aspek Ketrampilan
Masiswa diharapkan memiliki
ketrampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis ke dalam praktek
lapangan (teaching dan non teaching).
c.
Aspek Sikap
Mahasiswa diharap memiliki
komitmen terhadap tugas-tugas potensial jurnalis antara lain :
1.
Mengelola informasi
2.
Meningkatkan keahlian
3.
Menyesuaikan diri dengan
tuntunan protesional yang semakin berkembang
4.
Memberikan pelayanan informasi
kepada publik
5.
Menerapkan keterampilan jurnalistik serta mampu menerapkan berbagai
kemapuan kewartawanan secara utuh dan terintegrasi dalam situasi
nyata di bawah bimbingan para pembimbing
6.
Melatih diri dalam
penguasaanlapangan.
BAB II
PELAKSANAAN PPL
A. Observasi Lapangan
Observasi
adalah peninajuan lapangan dimana mahasiswa akan ditempatkan atau ditugaskan
untuk melakukan prantek lapangan.
Untuk mengenal lingkungan media
cetak yang kita tempati maka kita harus melakukan
observasi lapangan terlebih dahulu. Observasi lapangan ini dilaksanakan dari
tanggal 31
Oktober sampai 1
Desember 2011, keadaan yang diamati ada 2 (dua) yaitu, pengenalan lapangan dan
kegiatan.
1.
Observasi Lapangan
a.
Mengenal sejarah dan visi
misi kabar cirebon
b.
Mengenal Menejemen kabar
cirebon
c.
Mengenal sirkulasi, iklan
dan marketing
d.
Mengenal job discriftion
kabar cirebon
e.
Fasilitas kabar
cirebon
f.
Keadaan karyawan kabar
cirebon
g.
Tingkat pendidikan
karyawan kabar cirebon
2.
Observasi Kegiatan liputan
a.
Cara wartawan
mencari berita (mengolah informasi dilapangan)
b.
Cara redaktur
menyunting berita
c.
Cara perusahaan
mendistribusikan koran
B.
Rapat
proyeksi
Rapat proyeksi yang
dilaksanakan setiap hari merupakan kegiatan penting bagi
mahasiswa praktek untuk mengetahui pengolahan informasi yang aktual dalam media
cetak sebagai bentuk evaluasi dan proyeksi. Rapat proyeksi ini dipimpin oleh
pimpinan redaktur dan dihadiri oleh seluruh wartawan yang liputan sesuai
wilayahnya masing-masing dengan pembahasan yang meliputi:
a.
Membahas berita yang layak
dimuat dan dijadikan hot isue
b.
Mengevaluasi kinerja
wartawan dari setiap hasil liputan
c.
Mengabsen kehadiran wartawan
d.
Menentukan isue yang bakal
diangkat
e.
Pembagian tugas dan
wilayah kerja sesuai dengan job masing-masing
C.
Liputan
berita
Liputan berita adalah
proses pencarian informasi aktual dan eklusif untuk diolah menjadi sebuah
berita, untuk memudahkan kinerja dalam perusahaan harian umum kabar cirebon
setiap wartwan dibagi wilayah liputan nya masing-masing seperti halnya liputan
dibagian kabupaten dan kota cirebon serta pembagian wilayah liputan sesuai
dengan rubriknya seperti halnya liputan bagian pendidikan, olah raga, kriminal,
politik, kesehatan dan kuliner.
Agar hanya tidak mengenal secara
teori mahasiswa yang bertugas PPL dilibatkan dalam proses kerja liputan dan
bagi dengan wartawan pembimbing lapangannya masing-masing. Sesuai dengan jumlah
mahasiswa yang ada kami dibagi menjadi tiga wilayah liputan yaitu:
1.
Liputan kriminal
Yaitu meliput
seputar peristiwa kriminal dan peristiwa seperti kecelakaan, pencurian,
pembunuhan perampokan, penipuan dan lainnya.
2.
Liputan politik
Yaitu
meliput seputar perkembangan situasi politik yang aktual diwilayah cirebon.
3.
Liputan pendidikan
Yaitu
meliput seputar perkembangan dan kegiatan yang berkaitan dengan dunia
pendidikan diwilayah cirebon
BAB III
PEMBAHASAN
A.
Sejarah
Singkat Harian Umum Kabar Cirebon
Kabar cirebon merupakan
sebuahperusahaan media yang bergerak dalam media masa harian umum surat kabar kabar cirebon.
Harian umum kabar kabar cirebon sebelumnya KMD (Koran Masuk Desa) dan kemudian
berubah menjadi harian umum mitra dialog dan sekarang menjadi harian umum
mkabar cirebon.
Berdirinya harian umum kabar
cirebon merupakan wujud nyata dari perkembangan media masa baik secara kulaitas
maupun secara kuantitas. Harian umum kabar cirebon di rintis pada tahun 1980
hingga sekarang dengan dilegalisir oleh menteri penerangan berupa surat
keputusan no. 203/kep/menpen/1987 dan
surat keputusan dari pt. Pikiran rakyat sk/211/dir.p56/80sk direksi. Perusahaan
ini menerbitkan harian umum kabar cirebon. Pada mulanaya harian umum pikiran
rakyat edisi cirebon adalah surat kabar yang ditunjukan untuk masyarakat
se-wilayah III cirebon yang meliputi kota dan kabupaten cirebon, kabupaten
majalengka, kuningan dan indramayu dengan penerbitan 4 halaman dan terus
bertambah hingga delapan halaman dan prekuansi penerbitan 1 kali dalam
seminggu, menjadi 3 kali dalam seminggu, yaitu terbit pada hari selasa, kamis,
sabtu untuk hari libur tetap terbit kecuali hari libur nasional atau hari raya
besar agama.
Pada tanggal 2 agustus 1997
harian umum mitra dialog dengan surat ijin usaha penerbitan pers (SIUPP) nomor 316/SK.Menpen/1997, sedangkan
pergantian nama dari harian umum mitra dialog menjadi harian umum kabar cirebon
pada tanggal 23 maret 2010.
Perkembangan informasi dan
komunikasi yang semakin pesat menjadikan harian umum kabar cirebon harus
mampuberkomptensi agar bisa diterima di hati masyarakat. Oleh karena itu pihak
menejemen meningkatkan edisi terbitnya menjadi enam kali seminggu dan menjadi
koran harian pada tanggal 1 mei 2004. Sedangkan pada bagian distribusi atau
disebut juga bagian sirkulasi yang bertugas setia terhadap distribusi dan
penjualan koran telah mencapai target sasaran akan tetapi penungkatan baik mutu
maupun kuantitas prodak harus tetap ditingkatkan.
Pengorganisasian meruapakan
penerapan aktivitas-aktivitas yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan
dan bagian-bagiannya. Pengelompokan aktivitas-aktivitas menugasankan aktivitas
pada meneger-meneger bawahannya.
Delegasi wewenang untuk melaksanakan tugas dan informasi baik vertikal maupun
horizontal melalui struktur organisasi. Pembagian tugas dan wewenang dalam
perusahaan sangat diperlukan agar kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan
baik dan tujuan yang ditetapkan tercapai oleh peruasahaan.
B.
Visi dan
Misi Harian Umum Kabar Cirebon
Visi menyangkut berbagai
pandangan (filosofi) dasar masyarakat. Terdiri dari filosofi agama, sosial,
budaya, ekonomi, politik dan lainnya. Karena ini mengingat koran tersebut
merupakan koran yang pertama kali terbit secara tidak terputus dijalur pantura
cirebon. Meski kini muncul pesaing-pesaing baru ditingkat lokal, namum brand
image masyarakat tetap tidak berubah.
Untuk menggapai visi
tersebut, maka perlu ada tahapan-tahapan produktivitasinilah yang disebut misi.
Karena kabar cirebon telah menjadikan dirinya ebagai bacaan utama warga pantura
cirebon, maka diperlukan adanya sinergi internal dalam menejemen antara bagian
redaksi, pemasaran (iklan dan tiras), keuangan, balitbang dan bagian-bagian lain
yang ada. Adapun visi dan misi kabar cirebon adalah sebagai berikut :
1. Visi
Kabar Cirebon
" kabar cirebon pilihan utama masyarakat
pantura cirebon "
2. Misi
Kbara Cirebon
"melayani pembaca dengan memenuhi
kebutuhan informasi"
"mengembangakan tiras dan iklan yang
optimal"
"mengembangkan minat baca"
"mandiri tanpa mengabaikan kesejahteraan
karyawan"
C.
Segmentasi Kabar Cirebon
Masyarakat dengan beragam
status social di wilayah pantura Cirebon.
D.
Positioning Kabar Cirebon
Koran lokal yang berada dan berkembang dalam
pikiran masyarakat
E.
Targeting Kabar Cirebon
Meraih
pelanggan dan pemasang iklan sebanyak-banyaknya.
F.
Keadaan
Karyawan Harian Umum Kabar Cirebon
Untuk mengetahui keadaan karyawan harian
umum kabar cirebon penyusun menyajikan tabel sebagai berikut :
Tabel 1
Keadaan karyawan harian umum kabar cirebon pada
tahun 2011
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Karyawan
tetap
|
68
|
2
|
Tenaga
Outsourcing
|
10
|
Jumlah
|
78
|
Sumber : Kantor Harian Umum Kabar Cirebon
Kemudian untuk mengetahui
keadaan karyawan harian umum kabar cirebon berdasarkan tingkat pendidikan dapat
dilihat pada tabel berikut :
Tabel 2
Kadaan Karyawan Harian Umum Kabar Cirebon Berdasarkan Tingkat
Pendidikan Tahun 2011
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Sarjana
(S1)
|
30
|
2
|
Sarjana
Muda (D3)
|
28
|
3
|
SLTA
|
20
|
Jumlah
|
78
|
Sumber : Kantor Harian Umum Kabar Cirebon
Berdasarkan tabel diatas,
dapat diketahui bahwa karyawan harian umum kabar cirebon yang berpendidikan
sarjana (S1) sebanyak 30 orang, dan yang berpendidikan Sarjana Muda (D3)
sebanyak 28 orang, sedangkan sisanya sebanyak 20 orang berpendidikan SLTA. Dengan
demikian bahwaharian umum kabar cirebon di dominasi oleh karyawan berpendidikan
Sarjana (S1).
G.
Uraian
Tugas Pokok
Dalam rangka menjalankan
peusahaan, harian umum kabar cirebon menetapkan adanya struktur organisasi
dalam menejemen perusahaanya dengan job description .
1.
Pimpinan
Umum
Tugas dan tanggungjawab secara umum
a. Memimpin
Penerbitan SK harian Umum Kabar Cirebon baik bidang redaksi atau budang usaha.
b. Mengendalkan
penyelenggaraan penerbitan,dengan senantiasa menjungjung tinggi atas gotong royong,
kekeluargaan dan musyawarah mufakat.
c. M
engendalikan penyelenggaraan manajemen keuangan perusahaan secara konsisten dan
konsekuen dengen memegang prinsif efektif dan efisien.
d. Menetepkan
perencanaan strategi usaha, sistem kerja dan teknologi sesuai dengan garis
besar program perusahaan yang ditetapkan oleh PT. Berkah Pikiran Rakyat.
e. Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan tugas, tanggung jawab dan wewenang kepada Direktur Utama.
f.
Menerima pendelegasian dari
Direktur utama untuk menyelesaikan tuntutan hokum yang timbul dari pengelola
Bidang Redaksi maupun Bidang Usaha Harian Umum Kabar Cirebon.
2.
Satuan
Pengawasan Intern ( SPI)
Tugas dan Tanggungjawab
Melaksanakan
pemeriksaan intern keuangan, operasional perusahan dan menilai pengendalian,
pengelolaan, pelaksanaan kegiatan perusahaan serta memberikan saran-saran
perbaikannya kepada Direktur Utama menuju kearah produktivitas terbaik untuk
mencapai target yang ditetapkan perusahaan.
3.
Kepala
Penelitian dan Penegembangan
Tugas dan Tanggungjawab
a. Menghimpun
dan mengelola data, informasi baik dari lingkungan intern maupun ekstern yang
mempunyai pengaruh terhadap perkembangan dan kelestarian perusahaan .
b. Melakukan
penelitian pasar dan menganalisis untuk perkembangan produk dan usah.
c. Melakukan
penelitian terhadap strategi dan perkembangan produk pesaing.
d. Melaksanakan
penelitian terhadap produktivitas, efektifitas dan efesiensi kerja perusahaan,
berkordinasi dengan SPI dan teknologi.
e. Membuat
laporan hasil penelitian berupa inormasi yang dapat di manfaatkan atau diterapkan
pada linkunga perusahaaan.
f.
Membuat profil perusahaan.
g. Membuat
RAAP Litbang sesuai dangan perusahaan yang telah di susun.
h. Merealisasikan
program kerja Litbang perusahaan sesuai dengan Anggaran Pengeluaran (AP) serta
mempertanggungjawabkannya kepada Direktur Utama.
i.
Melakukan koordinasi dengan
semua bidang dan fungsi organisasi dilingkungan Grup Pikiran Rakyat mengenai
Litbang Perusahaan.
j.
Membuat laporan
pertanggunjawaban Litbang Kepada Direktur Utama secara berkala.
k. Mengembangkan
dan memelihara hubungan industrial antara staf dengen manajemen serta
menciptakan kondisi krja yang sehat dan harmonis.
l.
Menyelenggarakan rapat
proyeksi, teknis dan evaluasi Litbang baik secara mingguan, berkala, maupun
tahunan.
4.
Kepala
Bagian Teknologi Informasi
Fungsi tugas dan tanggung jawab secara umum
a. Merumuskan,
menyusun program kerja perusahaan tertutama yang berkaitan dengan pembangunan,
pengembangan, dan pemeliharaan perangkat teknologi serta system dan jaringan
informasi.
b. Membuat
sistem informasi berdasarkan usulan Satuan Pengawas Intern yang telah
mendapatkan persetujuan Direktur Utama dan membangun sistem jaringan informasi.
c. Merumuskan
dan melaksnakan peraturan –peraturan serta kebijakan-kebijakan yang berkenaan
dengan penyelengaraan kerja pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan
perangkat teknologi serta jaringan informasi.
d. Menyusun
mengawasi dan melaporkan penggunaan anggaran bulanan Badan Teknologi Informasi.
e. Memperhatikan,
mencatat dan menganalisis setiap laporan, usulan, serta saran dari setiap unsur
Bidang Badan Informasi dan Bidang lainnya.
f.
Mengembangkan dan memelihara
hubungan industrial antara staf dan dengan manajemen serta menciptakan kondisi
kerja yang sehat dan harmonis.
g. Mengikuti
setiap rapat perusahaan sebagaimana didalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah
tangga Perusahaan.
5.
Sekertaris
Perusahaan
Tugas dan Tangggungjawab
a. Membantu
menyusun dan mempersiapkan kerja dan jadwal kegiatan direksi.
b. Mempersiapkan
dan mengatur akomodasi dinas direksi, pimpinan Umum dan Pimpinan Perusahaan.
c. Mengadministrasikan
dan menyimpan secara tertib dan aman dokumen, sertifikat, surat berharga, akte,
dan surat penting perusahaan.
d. Menampung
laporan kegiatan perusahaan dari setiap bidang dan membuat analisis dan
resumenya untuk keperluan direksi.
e. Mengatur
tata cara penerimaan tamu, telepon, dan informasi dengan menjaga keamanan dan
kerahasiaan perusahaan.
f.
Melakukan dan
menyelenggarakan tugas administrasi dan korespondensi untuk menunjang kegiatan
operasiaonal perusahaan.
g. Mengatur
penentuan penomoran dan pengelolaan surat menyurat dinas perusahaan.
h. Mempersiapkan,
mengikuti dan membuat notulensi rapt pimpinan, rapat koordinasi dan RUPS/LB
perusahaan.
i.
Apabila diperlukan, mengikuti
dan membuat notulensi rapat Direksi dengan pihak ekstern.
j.
Mengebangkan dan menjalin
hubungan yang harmonis baik dengan seluruh bidang diperusahaan maupun dengan
intansi lain diluar perusahaan.
k. Membuat,
menetepkan program kerja dan rencan kegiatan.
6.
Pimpinan
Perusahaan harian Umum Kabar Cirebon
Tugas dan tanggungjawab
a. Membantu
pimpinan umum dalam menyusun dan membuat rencana anggaran pendapat dan
pengeluaran tahunan, sesuai dangan rancana umum anggaran perusahaan.
b. Mempertimbangkan
masukan setiap manajer untuk menetapkan anggaran penerimaan dan pengeluaran
perusahaan.
c. Membuat
dan menetapkan kebijakan strategi persahaan sesuai dangan rencana secara
menyeluruh.
d. Menerima
dan mengevaluasi laporan realisasi penerimaan dan pengeluaran perusahaan secara
menyeluruh.
e. Mengkoordinasikan
para manajer dalam melaksanakan dan menyenggarakan perusahaan dengan perpedoman
pada asas efektif dan efesien.
f.
Mengsosialisasikam peraturan
ketetapan dan kebijakan perusahanan kepada semua karyawan.
g. Menyampaikan
saran kepada Direktur utama melalui Pimpinan Umum dan manjalin kerja sama
dengan institusi lain diluar perusahaan Grup Pikiran Rakyat.
h. Membantu
Pimpinan Umum dalam merncanakan, mengawasi, dan mengembangkan manajemen
sumberdaya manusia dan manajemen usaha penerbitan.
i.
Menerima, memeriksa, dan
mendatangani cek / bilyet giro, disponisi, formulir disposisi potongan harga
iklan.
j.
Mengembangkan dan memeilhara
hubungan industrial antara staf dengan mamajemen serta menciptakan kondisi
kerja yang sehat dan harmonis.
k. Melakukan
kordinasi yang harmonis dinamis dengan seluruh unsur pimpinan Grup pikiran
Rakyat.
l.
Menyelenggarakan rapat
Proyeksi, teknis, evaluasi rencana baik usaha secara mingguan mingguan bulanan,
maupun tahunan.
m. Mengikuti
setiap rapat perusahaan sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar dan Rumah
tangga perusahan.
n. Menyelanggarakan
dan memimpin Rapat RRAP realisasi APP setiap bulan.
o. Melaporkan
secara periode pelaksanaan tugas daan tanggung jawab kepada pimpinan umum.
7.
Manajer
Perusahaan
Tugas dan Tanggung jawab secara umum
a. Merencanakan,
menysusn dan menetapka strategi dan Program kerja Depertemen Pemasaran meliputi
bidang Iklan, Bidang sirkulasi, dan Bidang Promosi.
b. Menugaskan
para asisten manajer untuk melaksnakan program yang sudah ditetapkan.
c. Menghimpun
dan mengevaluasi data, masukan dan usulan dari para asisten manajer mengenai
program kerja bidang iklan, sirkulasi dan promosi.
d. Membantu
pimpinan perusahan menyusun proyeksi penjualan dan pendapatan.
e. Membuat
rencana anggaran pengeluaran Depertemen Perusahaan.
f.
Melaksanakan program kerja
Departemen Pemesaran sesuai anggaran pendapatan dan pengeluaran (APP) serta
mempertanggungjawabkannya kepada pimpinan perusahaan.
g. Meelakukan
koordinasi dengan semua bidang dang fungsi organisasi di lingkungan Grup
Pikiran Rakyat mengenai periklanan, sirkulasi dan promosi.
h. Membina
dan mengawasi SDM Departemen pemasaran serta melakukan sistem pemberian
penghargaan atau sanksi.
i.
Membuat laporan
pertanggungjawaban kepada pimpinan perusahaan secara berkala mengenai kinerja
departemen Pemasaran.
j.
Melakunkan koordinasi dengan
badan litnbang mengenai penelitian dan pengembangan pasar.
k. Memelihara
dan mengembangkan hubungan yang harmonis baik dengan seluruh bidang
diperusahaan maupun dengan intansi lain diluar perusahaan.
l.
Menyelenggarakan rapat
Proyeksi, teknis, evaluasi rencana baik usaha secara mingguan mingguan bulanan,
maupun tahunan.
8.
Asisten
Manajer pemasaran bidang iklan.
Fungsi tugas dan tanggungjawab secara umum
a. Membantu
manajer pemasaran merumuskan, menyusun program perusahaan yang berkaitan dengan
bidang iklan
b. Membantu
manajer perusahaan merumuskan dan melaksanakan peraturan-peraturan serta
kebijakan-kebijakan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kerja bidang iklan
c. Membantu
manajer pemasaran melakukan pengaturan, pengawasan, pembinaan dan penilaian
terhadap karyawan bidang iklan
d. Membantu
manajer pemasaran menyusun, mengawasi dan melaporkan penggunaan anggaran
bulanan bidang iklan
e. Memperhatikan,
mencatat dan menganalisis setiap laporan, usulan, serta saran segenap unsur di
bidang iklan, pemasangan iklan atau bidang lainnya
f.
Melaksanakan kebijakan
potongan harga iklan berdasarkan SK potongan harga yang telah ditetapkan
perusahaan, dengan pengecualian untuk penjualan khusus di luar SK potongan
harga yang telah disetujui oleh manajer pemasaran
g. Membantu
manajer pemasaran merencanakan, menyusun, melaksanakan program kemitraan dengan
pemasang iklan, biro iklan dan instansi pemerintah/swasta.
9.
Pelayanan
Langsung
Tugas dan tanggungjawab
a. Menerima
order iklan langsung maupun tidak langsung, tunai atau kredit serta memeriksa
kelengkapan persyaratan dan kelayakan materi iklan sesuai dengan ketetapan
perusahaan.
b. Mengembalikan
kepada calon pemasang , order iklan yang tidak memnuhi persyaratan dan tidak
layak muat atas pertimbangan Asisten Manager Pemasaran Bidang Iklan.
c. Memberikan
potongan harga kepada calon pemasang iklan sesuai dengan SK potongan harga yang
ditetapkan perusahaan.
d. Merumuskan
kepada Asisten Manajer Pemasangan Bidang Iklan untuk permintaan pemasangan yang
bersifat penjualan khusus.
e. Memberikan
materi iklan yang sudah disetujui beserta kelengkapannya kepada administrasi
iklan untuk proses lebih lanjut.
10.Account Executive (AE)
Tugas dan tanggungjawab
a. Menerima
blanko kuitansi iklan dari Asisten Manager Bidang Keuangan atas sepengetahuan
Asisten Manajer Bidang Iklan melalui kasir.
b. Menggunakan
kuitansi sebagaimana dimaksud pada butir (a) pemasang iklan yang membayar
tunai.
c. Mengembalikan
blanko kuitansi yang tidak terpakai dan menyetorkan uang hasil pembayaran iklan
tunai yang dimaksud dalam butir (b) beserta tebusan kuitansi kepada kasir
setiap hari.
d. Mencari
dan menawarkan jasa pemasangan iklan kepada perusahaan instansi
pemerintah/swasta dan masyarakat.
e. Menerima
order iklan dari calon pemasang iklan serta memeriksa kelengkapan persyaratan
dan kelayakan materi iklan sesuai dengan ketetapan perusahaan.
11.Administrasi Iklan
Tugas dan tanggungjawab
a. Menerima
order dan materi iklan beserta kelengkapannya dari pelayan langsung dan Account
Executive yang telah disetujui asisten Manajer pemasaran Bidang Iklan uuntuk
dimuat.
b. Memasukan
data dan meertbitkan order transaksi iklan.
12.Teknik Iklan
Tugas dan tanggungjawab
a. Menerima
boxing space, dummy iklan dan materi iklan dari staf administrasi iklan dan
mengembalikannya setelah pemuatan iklan pada keesokan harinya.
b. Melakukan
peraturan tata letak sesuai dummy iklan,
berkoordinasi dengan Asisten Manajer Pemasaran Produksi dan Redaktur Perwajahan
Bidang Redaksi.
c. Berwewenang
menerima iklan baru diluar jam kerja, sebelum deadline iklan atas persetujuan
asisten Manajer Pemasaran Bidang Iklan.
13.Asisten Manajer Perusahaan Bidang Sirkulasi
Tugas dan tanggungjawab
a. Membantu
Manajer Pemasaran merumuskan, menyusun program perusahaan terutama yang
berkaitan dengan Bidang Sirkulasi
b. Membantu
Manajer Pemasaran merumuskan peraturan-peraturan serta kebijakan-kebijakan yang
berkaitan dengan penyelenggaraan kerja Bidang Sirkulasi
c. Membantu
Manager Pemasaran merencanakan dan menyusun strategi dan kebijakan pemasaran
Koran khususnya pendistribusian dan penjualan
d. Membantu
Manager Pemasaran melakukan pengaturan, pengawasan, pembinaan terhadap karyawan
sirkulasi
e. Membantu
Manager Pemasaran menyusun, mengawasai,
dan melaporkan program kerja serta mengatur penggunaan anggaran bulanan Bidang
Sirkulasi
14.Administrasi Sirkulasi
Tugas dan tanggungjawab
a. Menerima
dan menyimpan surat perjanjian keagenan beserta kelengkapannya
b. Memasukan
dan permintaan/perjanjian jatah Koran dan staf penjualan ke basis data
sirkulasi atas persetujuan Asisten Manajer Pemasaran Bidang Sirkulasi
c. Menerima
permintaann jatah Koran :
·
Bukti iklan dari bidang
personalia
·
Jatah karyawan dari bidang personalia
·
Prompsi dan bidang promosi
·
Perkenalan sesuai dengan
program pengembangan sirkulasi
·
Barter Koran dan untuk relasi
d. Menghitung
jumlah tiras yang harus dicetak berdasarkan jatah agen, bukti iklan dan jatah
lainnya, serta menerbitkan order cetak untuk ditandatanganioleh Asisten Manajer
Pemasaran dan Manajer Produksi, kemudian diserahkan kepa Asisten Manajer Bidang
Produksi
15.Penjualan
Tugas dan tanggungjawab
a. Melakukan
pengamatan potensi pasar di suatu daerah yang memungkinkan dikembangkan pemasaran
b. Mencari
dan mengangkat agen baru di suatu wilayah
yang di anggap potensial
c. Membuat
laporan secara periodic kepada Asisten Manajer Pemasaran Bidang Sirkulasi
mengenai produktivitas
d. Atas
persetujuan Asisten Manajer Pemasaran Bidang Sirkulasi memberhentikan agen yang
dianggap tidak mampu memenuhi ketentuan perusahaan dan perjanjian keagenan
e. Membantu
Asisten Manajer Pemasaran Bidang Sirkulasi melakukan pembinaan terhadap agen
16.Pengepakan
Tugas dan tanggungjawab
a. Menerima
dan memberikan Nota Penjualan dan Nota Pengiriman beserta Daftar
Pendistribusian dan Administrasi Sirkulasi, kemudian mengelompokannya
berdasarkan prioritas pendistribusian
b. Menerima
order cetak dari Asisten ManajerPemasaran Bidang Sirkulasi untuk disampaikan
kepada percetakan melalui Bidang Produksi
c. Menerimaintruksi penambahan/perubahan jatah
Koran dan order cetak langsung dari pemimpin perusahaan pada malam hari
d. Bekerja
sama dengan Bidang Produksi dalam hal penambahan/perubahan jatah Koran dan order
cetak
e. Bersama
dengan bidang produksi menerima oran dari percetakan dan mengghitung nomor
cetak sesuai dengan order cetak
f.
Melaksanakan perhitunhan dan
pengepakan Koran sesuai dengan nota pengiriman
17.Distribusi
Tugas dan tanggungjawab
a. Membantu
Manajer Pemasar dalam merumuskan, menyusun program kerja perusahaan terutama
yang berkaitan dengan bidang promosi
b. Membantu
Manajer Pemasaran dalam merumuskan dan melaksanakan peraturan-peraturan serta
kebijakan-kebijakan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kerja Bidang Promosi
c. Membantu
Manajer Pemasaran melakukan peraturan, pengawasan, pembinaan dan penilaian
terhadap SDM Bidang Promosi
d. Membantu
Manajer Pemasaran menyusun, mengawasi dan melaporkan penggunaan anggaran
Pengeluaran (AP) bidang lainnya
18.Staf Promosi
Tugas dan tanggungjawab
a. Membantu
Asisten Manajer BIdang Promosi menentukan waktu dan tempatuntuk melaksanakan
kegiatan promosi
b. Membantu
Asisten Bidang Promosi merancang bentuk promosi, sesuai dengan objek yang
menjadi target pasar, berupa pesan audio dan visual
c. Membantu
Asisten Bidang Promosi menyusun rencana anggaran promosi untuk dituangkan ke
dalam RAP
d. Melaksanakan
kegiatan promosi antara lain :
·
Pemasangan spanduk dan
kelengkapan lainnya
·
Pengadaan counter-counter
promosi penjualan
·
Kepuasan kerja tenaga sales promotion untuk kegiatan tertentu
·
Mensponsori kegiatan yang
dianggap efektif untuk promosi
19.Manajer Produksi
Tugas dan tanggungjawab
a. Menyusun
dan menetapkan program kerja bidang produksi yang meliputi teknologi informasi
dan produksi manajemen kualitas produk dengan memperhatikan analisis dampak
lingkungan
b. Menugaskan
para asisten untuk melaksanakan program kerja yang sudah di susun dan
ditetapkan antara lain dengan memanfaatkan teknologi sebagai pendukung proses
produksi
c. Merealisasikan
program kerja yang telah di susun dan ditetapkan ke dalam Rencana Anggaran
Pengeluaran dan mempertanggungjawabkannya kepada pemimpin perusahaan
20.Asisten Manajer Bidang Produksi
Tugas dan tanggungjawab
a. Membantu
manajer produksi dalam merumuskan, menyusun program kerja perusahaan terutama
yang berkaitan dengan bidang produksi
b. Membantu
Manajer Produksi dalam merumuskan dan melaksanakanperaturan-peraturan dan
kebijakan-kebijakan yang berkenaan
dengan penyelenggaraan kerja bidang produksi
c. Membantu
manajer produksi melakukan pengaturan, pengawasan, pembinaan dan penilaian
terhadap karyawan bidang produksi
d. Membantu
manajer produksi menyusun, mengawasi dan melaporkan penggunaan Anggaran
Pengeluaran (AP) Bidang Produksi
21.Control Kualitas
Tugas dan tanggungjawab
a. Melakukan
pengawasan dalam proses produksi bersama-sama dengan bidang lainnya untuk
meminimalisasi kesalahan
b. Melaksanakan
kelibrasi seluruh perangkat yang akan digunakan dalam proses produksi
berdasarkan standarisasi yang digunakan
c. Melaksanakan
uji silang warna desainiklan, grafis dan foto sesuai order
d. Melaksanakan
pemeriksaan film hasil reproduksi dan imagesetter
dengan menggunakan lensa loop dan densitometer
22.Manajer Keuangan dan Akuntansi
Tugas dan tanggungjawab
a. Menyusun
dan menetapkan program kerja bidang keuangan dan akuntansi yang meliputi bidang
keuangan dan bidang akuntansi
b. Menugaskan
para asisten untukmelaksanakan program kerja yang telah ditetapkan
c. Menghimpun
dan mengevaluasi data, masukan dan usulan dari para asisten manajer mengenai
program kerja bidang keuangan dan bidang akuntansi
d. Membantu
piminan perusahaan menyusun proyeksi pendapatan dan pengeluaran, baik dari aktifitas usaha normal maupun di
luar usaha norma perusahaan
23.Asisten Manajer Bidang Keuangan
Tugas dan tanggungjawab
a. Membantu
manajer keuangan dan akuntansi dalam merumskan program kerja perusahaan
terutama yang berkaitan dengan bidang keuangan
b. Membantu
Manajer Keuangan dan Akuntansi merumuskan peraturan-peraturan serta kebijakan
yang berkenaan dengan penyelenggaraan kerja bidang keuangan
c. Membantu
Manajer Keuangan dan Akuntansi melakukan pengaturan, pengawasan, pembinaan dan
penilaian terhadap SDM keuangan
d. Mempertimbangkan
dan memprhtian setiap laporan, usul serta saran-saran segenap unsur di bidang
keuangan
24.Kolektor
Tugas dan tanggungjawab
a. Menerima
dan memeriksa faktur, blanko, kuitansi
b. Menerima
dan menandatangani daftar penagihan dan billing
c. Membuat
surat pemberitahuan kepada agen tentang jadwal penagihan
d. Menerima
uang, menerbitkan kuitansi kolektor serta mencatat hasil penagihan dalam daftar
tagihan
25.Kasir
Tugas dan tanggungjawab
a. Menerima
uang pembayaran dari :
·
Aktivis di luar usaha normal
perusahaan, antara lain pemegang saham, pinjaman afiliasi, kredit bank, jasa
giro/bunga deposito
·
Aktivis usaha normal
perusahaan, antara lain hasil penjualan Koran, hasil penjualan iklan baik dari
pemasang langsung, biro iklan maupun dari kolektor dan hasil pencairan cek.
b. Memeriksa
berkas penjualan antara lain OTI, BAPR, BAKK, dan berkas penerimaan uang
lainnya
c. Mengghitung
dan menerima keabsahan uang yang di terima
d. Memasukan
data, menerbitkan, dan menandatangani kuitansi kas
26.Asisten Manajer Bidang Akuntansi
Tugas dan tanggungjawab
a. Membantu
manajer keuangan dan akuntansi dalam merumuskan program perusahaan terutama
yang berkaitan dengan bidang akuntansi
b. Memberikan
masukan kepada menajer Kuangan dan Akuntansi mengenai peraturan dan kebijakan
yang berkaitan dengan penyelenggaraan kerja bidang akuntansi
I. Kegiatan Perusahaan Kabar
Cirebon
Harian
umum (HU) Kabar Cirebon pada awalnya adalah Surat kabar Mitra dialog
yang ditujukan untuk semua kalangan, tidak membedakan berdasarkan
gender, kepercayaan dan status sosial. Karena sifatnya yang untuk umum, maka H.U
kabar Cirebon mempunyai pembaca yang
heterogen, yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat.
H.U
Kabar Cirebon tidak bisa dipisahkan dari perjalanan S.K Mitra Dialog dengan Koran Masuk Desa Pikiran Rakyat Edisi
Cirebon. Pada awalnya sebelum berubah nama menjadi H.U Kabar Cirebon, fungsi
S.K Mitra Dialog adalah sebagai koran masuk desa maka secara otomatis SK. Mitra Dialog hadir
dan dipasarkan di pedesaan. Tujuan hadirnya SK. Mitra Dialog di pedesaan, yaitu sebagai wahana
pemberdayaan masyarakat pedesaan secara informal.
Tahap perkembangan SK. Mitra Dialog hadir di
empat eks keresidenan, dua eks keresidenan Cirebon yang meliputi Kabupaten/Kota
Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu dan eks
Keresidenan Purwakarta yang meliputi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang,
Kabupaten Kerawang dan Kabupaten Bekasi. Sedangkan dua eks keresidenan Jawa
Tengah, yaitu keresidenan Pekalongan yang meliputi Kabupaten/Kota Pekalongan,
Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang. Eks keresidenan
meliputi Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Purbalingga.
S.K Mitra Dialog merupakan
salah satu bidang usaha yang didirikan ole PT Berkah Pikiran Rakyat. Dimana
pada saat itu, PT
Berkah Pikiran Rakyat mempunyai dua bidang usaha penerbitan, yaitu S.K Mitra
Dialog yang terbit enam kali seminggu di Cirebon dan Tabloid Priangan yang
terbit di Tasikmalaya dan daerah pemasarannya khusus di daerah priangan timur.
Berdasar spirit tren media
masa kini, para pimpinana PT. Pikiran Rakyat berinisiatif mengganti nama-nama
anak perusahaannya. Pada 24 Maret 2010, bertepatan ulang tahun Pikiran Rakyat
yang ke-65, nama HU Mitra Dialog berganti nama menjadi HU Kabar Cirebon. Begitu
pun anak perusahaan lain, seperti HU Priangan yang berdomisili di Tasikmalaya
berganti nama menjadi HU Kabar Priangan dan HU Fajar Banten yang berdomisili di
Serang, Banten, berganti nama menjadi HU Kabar Banten.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Program pengalaman
lapangan (PPL) adalah salah satu syarat akhir bagi mahasiswa jurusan komunikasi
penyiaran islam Fakultas ADDIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk menyelesaikan
kuliahnya, juga menipakan salah satu langkah yang ditempuh oleh fakultas ADDIN
guna mempersiapkan output kelulusan yang berprofesional seperti yang
diharapakan oleh dunia jurnalistik dn komunikasi di Cirebon.
Keberhasilan seorang
jurnalis dalam mengolah informasi dan penguasaan lapangan sangat tergantung
pada penguasaan teori, bagaimana ia mengelola informasi dengan penggunaan media
yang tepat agar tidak salah menafsirkan arti suatu pokok bahasan.
Selama pelaksanaan
pengalaman lapangan (PPL) di HU Kabar Cirebon kami sangat banyak mendapat
pengalaman berharga, semoga pengalaman ini bisa dijadikan sebagai bekal untuk
kemudian hari agar lebih baik dan bermutu dan semoga bisa menjadi propesi
sebagaimana mestinya.
Seorang
jurnalis harus mampu mengatasi berbagai
kendala dan masalah yang diharapakan agar proses penyampaian informasi tercapai dengn baik.
B. Saran
Agar dapat tercapai secara
optimal sebagaimana yang diharapakan oleh suatu kalangan media, disini kami ingin mengemukan beberapa
saran antara lain :
1. Sebagai seorang calon ahli
komunikasi
mahasiswa program pengalaman lapangan (PPL) harul betul-betul
mengetahui tentang seluruh kode etik jurnalis.
2. Tanggung jawab perusahaan media terhadap pengolahan
berita
janganlah diserahkan kepada wartawan semata akan tetapi merupakan
tanggung jawab antara seluruh elemen perusahaan.
4. Hubungan antara praktikan
dengan wartawan
dan seluruh elemen perusahaan sudah
sangat baik
dan hendaknya perlu dijaga terus.
5. Diharapkan kepada mahasiswa praktikan semoga
bisa menerapkan pengetahuan dan keterampilan dengan kedisiplinan agar dapat
meningkatkan mutu dimasa yang akan datang.
Comments
Post a Comment
thankzzz taz komenxx.....